CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-11 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
CPL-12 Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan isu-isu strategis serta permasalahan pendidikan IPS kontemporer berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian terkini secara kritis dan reflektif.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menyusun rancangan proposal disertasi dalam bidang pendidikan IPS yang memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, kerangka teori, dan metodologi secara sistematis dan ilmiah.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mempertahankan rancangan penelitian disertasi secara argumentatif, terbuka terhadap kritik, serta mampu mengintegrasikan masukan akademik dalam penyempurnaan gagasan penelitian.
CPMK-4 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap ilmiah, integritas akademik, dan komitmen terhadap etika penelitian dalam proses perumusan dan pengembangan proposal disertasi pendidikan IPS.