CPL-9 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi
CPL-10 Menghasilkan teori/konsep baru ilmu pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai landasan ontologi, epistimologi, dan aksiologi pengembangan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial melalui kepakaran riset interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan instrumen penelitian kuantitatif berbasis teori yang valid dan reliabel, serta menganalisis kualitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik yang sesuai.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menyusun pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi yang sesuai dengan prinsip validitas kualitatif (credibility, transferability, dependability, confirmability), serta menerapkannya secara konsisten dalam pengumpulan data kualitatif.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mengintegrasikan instrumen kuantitatif dan kualitatif dalam rancangan penelitian mixed methods secara tepat, serta menyesuaikan strategi pengembangan instrumen dengan jenis desain convergent, explanatory, atau exploratory.
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengembangkan dan merevisi instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam proses uji coba model, produk, atau bahan ajar pada penelitian dan pengembangan (R&D), sesuai tahapan validasi ahli dan uji lapangan.