CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-7 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
CPL-8 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, serta ukuran pemusatan dan penyebaran untuk menggambarkan karakteristik data penelitian.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menghitung dan menafsirkan koefisien korelasi untuk menentukan arah dan kekuatan hubungan antar variabel.
CPMK-3 Mahasiswa mampu membangun model regresi linier sederhana untuk memprediksi nilai variabel dependen berdasarkan satu variabel independen.
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengembangkan model regresi linier ganda serta menginterpretasikan kontribusi masing-masing variabel prediktor terhadap variabel dependen.
CPMK-5 Mahasiswa mampu menerapkan analisis jalur untuk memahami hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel dalam model penelitian.
CPMK-6 Mahasiswa mampu melakukan uji efek mediasi untuk menentukan peran variabel perantara dalam hubungan antar konstruk penelitian.
CPMK-7 Mahasiswa mampu menguji perbedaan rata-rata antara dua kelompok yang tidak berhubungan menggunakan uji t independen.
CPMK-8 Mahasiswa mampu menguji perbedaan rata-rata dua kondisi atau waktu pengukuran yang sama menggunakan uji t berpasangan.
CPMK-9 Mahasiswa mampu memilih dan menerapkan teknik statistik yang sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian korelasional.
CPMK-10 Mahasiswa mampu menguji perbedaan rata-rata lebih dari dua kelompok dengan menggunakan ANOVA satu jalur dan melakukan uji lanjut (post hoc).
CPMK-11 Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh dua faktor independen terhadap satu variabel dependen serta mendeteksi interaksi antar faktor.
CPMK-12 Mahasiswa mampu membangun dan menafsirkan model regresi logistik untuk data dengan variabel dependen kategorik.
CPMK-13 Mahasiswa mampu menerapkan teknik analisis non-parametrik (misalnya Chi-square, Spearman, Kendall) untuk data yang tidak memenuhi asumsi parametrik.
CPMK-14 Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar, jenis-jenis, dan langkah-langkah dalam pengambilan sampel penelitian yang representatif.
CPMK-15 Mahasiswa mampu menghitung dan menafsirkan interval kepercayaan sebagai estimasi parameter populasi berdasarkan data sampel.
CPMK-16 Mahasiswa mampu mengintegrasikan berbagai teknik analisis statistik dan sampling untuk mendukung validitas hasil penelitian pengembangan maupun eksperimen.