Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ortopedagogik merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui definisi ortopedagogik, landasan, sejarah pendidikan luar biasa, hubungannya dengan ilmu lainnya, teori, konsep, prinsip anak berkebutuhan khusus meliputi: anak tunanetra, tunarungu, tuna grahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, Anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, Anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, Anak lambat belajar, klasifikasi, faktor penyebab, karakteristik dan kebutuhan khusus dalam pembelajaran serta kemampuan untuk merencanakan, memodifikasi, mengaplikasi, mengevaluasi dan memecahkan permasalahan terkait ortopedagogik dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan ortopedagogik serta menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang anak berkebutuhan khusus baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusif. Perkuliahan dilaksanakan melalui presentasi, diskusi, tugas Chapter report, dan refleksi
CPMK
- Menguasai konsep teoritis dan prinsip dasar ortopedagogik serta karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK), meliputi anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, serta anak lambat belajar.
- Meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang ortopedagogik, dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan individu ABK
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis terhadap program pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan
- Meningkatkan keterampilan dalam mengenali dan mengasesmen ABK menggunakan berbagai teknik dan strategi yang relevan, baik di lingkungan sekolah inklusif maupun sekolah khusus, untuk mendukung kebutuhan pendidikan anak berkebutuhan khusus