Deskripsi Mata Kuliah
Mampu menguasai memahami lebih kompleks terkait Pembahasan hakikat ABK, jenis dan karakteristik ABK (Tunanetra,tunarungu,tunawicara,tunagrahita, tnadaksa, tunaganda, slow learner, patau syndrome, Edward syndrome, autis, dan disleksia) , kemampuan dan gangguan berbahasa ABK, silabus BI untuk ABK, metode Pembelajaran BI untuk ABK, media pembelajaran BI untuk ABK, penilaian BI untuk ABK, penyusunan RPP Mapel BI ABK, penelitian BI untuk ABK, dan literasi untuk ABK melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi.
CPMK
- Mendeskripsikan hakikat ABK dan BI untuk ABK dan lingkup kajiannya
- Mendeskripsikan Jenis ABK dan Karakteristiknya: Tuna netra
- CPMK Ke 3 Mampu menguasai dan menerapkan konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa, serta pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang tepat untuk berbagai jenis anak berkebutuhan khusus, termasuk penyusunan kurikulum, silabus, dan RPP
- CPMK ke 4 Mampu mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dalam berbagai konteks sosial, akademik, dan dunia kerja, dengan menyesuaikan strategi komunikasi dan penggunaan media (termasuk bahasa isyarat atau bahasa daerah) sesuai kebutuhan dan karakteristik anak berkebutuhan khusus