•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT LANJUT

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah


Mampu menguasai memahami lebih kompleks terkait Pembahasan hakikat ABK, jenis dan karakteristik ABK (Tunanetra,tunarungu,tunawicara,tunagrahita, tnadaksa, tunaganda, slow learner, patau syndrome, Edward syndrome, autis, dan disleksia) , kemampuan dan gangguan berbahasa ABK, silabus BI untuk ABK, metode Pembelajaran BI untuk ABK, media pembelajaran BI untuk ABK, penilaian BI untuk ABK, penyusunan RPP Mapel BI ABK, penelitian BI untuk ABK, dan literasi untuk ABK melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi.


CPMK

  • Mendeskripsikan hakikat ABK dan BI untuk ABK dan lingkup kajiannya
  • Mendeskripsikan Jenis ABK dan Karakteristiknya: Tuna netra
  • CPMK Ke 3 Mampu menguasai dan menerapkan konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa, serta pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang tepat untuk berbagai jenis anak berkebutuhan khusus, termasuk penyusunan kurikulum, silabus, dan RPP
  • CPMK ke 4 Mampu mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dalam berbagai konteks sosial, akademik, dan dunia kerja, dengan menyesuaikan strategi komunikasi dan penggunaan media (termasuk bahasa isyarat atau bahasa daerah) sesuai kebutuhan dan karakteristik anak berkebutuhan khusus

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakikat Anak Berkebutuhan Khusus dan jenis-jenis ABK fisik ataupun mental
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Gangguan berbahasa pada Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi ABK Slow Learner · Menguasai konsep dan karakteristik ABK Slow Learner · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi strategi pemelajaran bagi ABK T Slow Learner
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome · Menguasai konsep dan karakteristik ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi strategi pemelajaran bagi ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    · Menguasai konsep ABK ADHD, Autis dan disleksia
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi konsep kurikulum Bahasa indonesa bagi Anak berkebutuhan khusus
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi konsep kurikulum Bahasa indonesa bagi Anak berkebutuhan khusus
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Metode pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Metode pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Media pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Penelitian terkait kemampuan berbahasa bagi ABK
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Penelitian terkait kemampuan berbahasa bagi ABK
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Metode penelitian keterampilan berbahasa bagi ABK
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Metode penelitian keterampilan berbahasa bagi ABK
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

YOGA RIFQI AZIZAN
YOGA RIFQI AZIZAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10