•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course PLP-Asesmen Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Program Magang Pengajaran Mahasiswa - Penilaian Pembelajaran bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep, prinsip, dan praktik penilaian dalam konteks pendidikan. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis penilaian, mulai dari penilaian formatif hingga sumatif, serta teknik penilaian alternatif yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Melalui berbagai metode pengajaran, termasuk studi kasus dan diskusi kelompok, mahasiswa diundang untuk menganalisis strategi penilaian yang efektif dan relevan dengan kurikulum serta kebutuhan belajar siswa. Dengan pendekatan interaktif, mahasiswa akan dilengkapi dengan keterampilan untuk merancang dan menerapkan alat penilaian yang adil dan valid, serta memahami pentingnya umpan balik dalam proses belajar. Selain itu, kursus ini juga menekankan pentingnya penilaian yang berfokus pada siswa, yang memungkinkan pendidik untuk memahami kebutuhan, gaya belajar, dan potensi masing-masing individu. Siswa akan diajak untuk mengeksplorasi bagaimana penilaian dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi siswa. Melalui proyek kolaboratif dan pengembangan alat penilaian, siswa diharapkan dapat menerapkan teori ke dalam praktik, sehingga mereka siap menjadi pendidik yang kompeten dalam mengevaluasi dan mendukung perkembangan siswa secara holistik. Oleh karena itu, mata kuliah ini memainkan peran penting dalam membentuk profesional pendidikan yang memahami dan mampu mengelola proses penilaian dengan baik.

CPMK

  • Memahami Jenis Penilaian (C2)
  • Mengembangkan dan Mengorganisir Alat Penilaian (A4)
  • Menerapkan Praktik Penilaian yang Adil (C3)
  • Menganalisis Data Penilaian (C4); Mengevaluasi Proses Pembelajaran (C5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Makna penilaian, prinsip-prinsip, karakteristik, berbagai teknik, dan peran penilaian.
  • Pertemuan 2
    Makna penilaian, prinsip-prinsip, karakteristik, berbagai teknik, dan peran penilaian.
  • Pertemuan 3
    Makna penilaian, prinsip-prinsip, karakteristik, berbagai teknik, dan peran penilaian.
  • Pertemuan 4
    Makna penilaian, prinsip-prinsip, karakteristik, berbagai teknik, dan peran penilaian.
  • Pertemuan 5
    Merencanakan ujian. Perencanaan ujian: a. Aspek perencanaan ujian b. Menyusun kisi-kisi soal
  • Pertemuan 6
    Merencanakan ujian. Perencanaan ujian: a. Aspek perencanaan ujian b. Menyusun kisi-kisi soal
  • Pertemuan 7
    Merencanakan ujian. Perencanaan ujian: a. Aspek perencanaan ujian b. Menyusun kisi-kisi soal
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Students are able to describe the meaning of tests, measurements, test uses and test ethics.
  • Pertemuan 10
    Menganalisis pertanyaan.
  • Pertemuan 11
    Menganalisis pertanyaan.
  • Pertemuan 12
    Menganalisis pertanyaan.
  • Pertemuan 13
    Instrumen penilaian.
  • Pertemuan 14
    Instrumen penilaian.
  • Pertemuan 15
    Instrumen penilaian.
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

MUJI SRI PRASTIWI
MUJI SRI PRASTIWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester6
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10