Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman visual meliputi konsep pemrograman visual, obyek, event, dasar-dasar validasi, integrasi dan compile beserta aplikasi sederhana di lingkungan pemrograman
CPMK
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pemrograman visual dalam pengembangan aplikasi sederhana (C3)
Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah masalah dalam pengembangan aplikasi visual untuk menentukan komponen-komponen yang diperlukan (C4)
Mahasiswa dapat mengevaluasi berbagai tools dan teknologi yang tersedia untuk pemrograman visual berdasarkan kebutuhan proyek (C5)
Mahasiswa dapat menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen teknologi informasi (C6)
Mahasiswa dapat menerapkan prinsip desain antarmuka pengguna yang baik dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
Mahasiswa dapat menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih pola desain perangkat lunak yang sesuai untuk implementasi dalam proyek pemrograman visual (C5)
Mahasiswa dapat menciptakan dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk aplikasi yang dikembangkan (C6)
Mahasiswa dapat menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
Mahasiswa dapat menganalisis kasus penggunaan aplikasi visual untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut (C4)
Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar pemrograman visual dalam pembuatan aplikasi sederhana (C3)
Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna untuk mengembangkan antarmuka pengguna yang efektif dalam aplikasi visual (C4)
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih alat serta teknologi yang tepat untuk pengembangan aplikasi visual berdasarkan kriteria performa dan kegunaan (C5)
Mahasiswa mampu menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen perangkat lunak (C6)
Mahasiswa dapat menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi visual untuk memastikan kualitas dan skalabilitas (C3)
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C4)
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kode dan desain antarmuka dalam aplikasi visual yang dikembangkan (C5)
Mahasiswa mampu menciptakan solusi pemrograman visual yang mengatasi masalah spesifik dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif (C6)
Mahasiswa dapat menerapkan teknik debugging dan testing untuk memastikan aplikasi visual berjalan dengan baik dan bebas dari bug (C3)
Mahasiswa mampu menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Tujuan akhir dari perkuliahan dan materi yang akan dibahas Menguasai konsep pemrograman visual Membedakan paradigma pemrograman yang ada
Date 27 Agustus 2025
Pertemuan 2
Pembuatan form aplikasi menggunakan visual programming
Date 3 September 2025
Pertemuan 3
Penggunaan komponen control dalam visual programming
Date 10 September 2025
Pertemuan 4
Penggunaan komponen control dalam visual programming
Date 17 September 2025
Pertemuan 5
Penggunaan dialog atau form dialog pada program
Date 24 September 2025
Pertemuan 6
Penggunaan dialog atau form dialog pada program
Date 8 Oktober 2025
Pertemuan 7
Penggunaan Menu, Toolbar, dan status bar pada program
Date 15 Oktober 2025
Pertemuan 8
UTS
Date 22 Oktober 2025
Pertemuan 9
Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
Date 29 Oktober 2025
Pertemuan 10
Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
Date 5 November 2025
Pertemuan 11
Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
Date 12 November 2025
Pertemuan 12
Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
Date 19 November 2025
Pertemuan 13
Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
Date 26 November 2025
Pertemuan 14
Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
Date 3 Desember 2025
Pertemuan 15
Penggunaan Datareader dan Dataset untuk menampilkan data dari database
Date 10 Desember 2025
Pertemuan 16
Dapat membuat aplikasi penjualan menggunakan database
Pengenalandan pemahaman statistik, pengolahan data, distribusi, frekuensi, ukuran gejalapusat, simpagan baku, kurva normal, chi kuadrat, uji t, analisis varians,korelasi, regresi, dan statistik non parametrik.
Mata kuliah ini membahas konsep, metode, dan penerapan teknik komputasi dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan teknologi informasi. Materi meliputi pengenalan algoritma numerik, pemrograman berbasis
Pemahaman macam-macam proses pelapisan logam, kemampuan menganalisis mekanisme proses terjadinya pelapisan logam, dapat membedakan macam-macam pelapisan logam dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelapisan logam.