Matakuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar ekonomi moneter yang di dalamnya mengkaji Bank sentral dan otoritas Jasa keuangan, Bank umum, lembaga keuangan non bank, inflasi, teori kebijakan moneter, teori permintaan dan penawaran uang, keseimbangan pasar uang, kebijakan fiskal dan moneter, serta neraca pembayaran internasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan menggunakan studi kasus.
This course is a study of the basic concepts of monetary economy in which it examines the central bank and the financial services authority, commercial banks, non-bank financial institutions, inflation, monetary policy theory, the theory of money supply and demand, money market balance, fiscal and monetary policy, and international balance of payments. The learning methods used are lectures, group discussions, and assignments using case studies.
CPMK
Lulusan mampu menjelaskan mengenai teori ekonomi moneter
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar ekonomi moneter
Date 3 September 2024
Pertemuan 2
Bank sentral dan OJK
Date 10 September 2024
Pertemuan 3
Bank sentral dan OJK
Date 17 September 2024
Pertemuan 4
Inflasi
Date 24 September 2024
Pertemuan 5
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 1 Oktober 2024
Pertemuan 6
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 8 Oktober 2024
Pertemuan 7
Pasar uang, pasar modal dan pasar valas
Date 15 Oktober 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 22 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menganalisis neraca pembayaran internasional
Date 29 Oktober 2024
Pertemuan 10
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 5 November 2024
Pertemuan 11
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 12 November 2024
Pertemuan 12
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Date 19 November 2024
Pertemuan 13
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Deskripsi mata kuliah ini membahas Keperilakuan ekonomi berisi tentang : Kajian Traditional Economics tentang proses pengambilan keputusan individu yang rasional sebagai homo economicus yang memaksimalkan
Mata kuliah Literasi Digital merupakan mata kuliah wajib umum (MKWU) bagi seluruh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang disajikan pada tahun pertama perkuliahan. Matakuliah ini membekali
Matakuliah Strategi Pemasaran membelajarkan konsep dan teori-teori pemasaran yang dapat diaplikasikan organisasi dalam usaha menemukan, menciptakan, dan mengeksploitasinya dalam rangka memperoleh keunggulan dalam persaingan. Melalui