Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini berisi tentang konsep Gizi yang meliputi: pengertian, ruang lingkup, jenis, fungsi, berbagai faktor yang mempengaruhinya, termasuk penerapan gizi seimbang berperan dalam seni kuliner professional; pemahaman untuk pengetahuan gizi ke dalam praktik kuliner dimana makanan yang siapkan – diproses sejalan dengan panduan pola makan dan norma sosiokultural; serta membekali pendidikan gizi kepada chef/koki memiliki kemampuan menyajikan makanan sehat yang berkontribusi pada promosi kesehatan masyarakat
Kajian tentang prinsip-prinsip ilmiah yang berkaitan dengan makanan dan penyiapannya dengan penekanan pada konsep gizi dalam penyiapan makanan. Pendekatan terapan akan menunjukkan prinsip dan metode penyiapan makanan di laboratorium makanan
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis kandungan gizi bahan pangan lokal serta implikasinya dalam praktik kuliner sehat.
- Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan menu sehat inovatif berbasis prinsip gizi seimbang dan budaya kuliner.
- Mahasiswa menganalisis komposisi gizi bahan pangan lokal serta menilai pengaruh berbagai teknik pengolahan (kukus, panggang, tumis minimal minyak, dll.) terhadap retensi zat gizi dan risiko (lemak trans, akrilamida, natrium tambahan).
- Mahasiswa merancang menu harian/sepekan yang memenuhi target gizi (energi, sebaran makro, natrium, serat, mikronutrien prioritas) untuk segmen sasaran (mis. dewasa sehat/ibu hamil/mahasiswa aktif), dengan mempertimbangkan budaya, biaya, dan ketersediaan lokal.
- Mahasiswa menerapkan teknik memasak yang menjaga kualitas gizi dan menegakkan praktik K3, higiene–sanitasi, serta pencegahan kontaminasi silang sesuai SOP (mis. time–temperature control, mise en place higienis).
- Mahasiswa mengevaluasi produk (mutu sensoris dasar, tekstur, penerimaan) dan mengkalkulasi nilai gizi sajian; kemudian merevisi resep berbasis data uji sensoris/umpan balik untuk mencapai target gizi & mutu.