•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Gizi Kuliner

Program Studi D4 Tata Boga UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisi tentang konsep Gizi yang meliputi: pengertian, ruang lingkup, jenis, fungsi, berbagai faktor yang mempengaruhinya, termasuk penerapan gizi seimbang berperan dalam seni kuliner professional; pemahaman untuk pengetahuan gizi ke dalam praktik kuliner dimana makanan yang siapkan – diproses sejalan dengan panduan pola makan dan norma sosiokultural; serta membekali pendidikan gizi kepada chef/koki memiliki kemampuan menyajikan makanan sehat yang berkontribusi pada promosi kesehatan masyarakat Kajian tentang prinsip-prinsip ilmiah yang berkaitan dengan makanan dan penyiapannya dengan penekanan pada konsep gizi dalam penyiapan makanan. Pendekatan terapan akan menunjukkan prinsip dan metode penyiapan makanan di laboratorium makanan

CPMK

  • Mahasiswa mampu menganalisis kandungan gizi bahan pangan lokal serta implikasinya dalam praktik kuliner sehat.
  • Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan menu sehat inovatif berbasis prinsip gizi seimbang dan budaya kuliner.
  • Mahasiswa menganalisis komposisi gizi bahan pangan lokal serta menilai pengaruh berbagai teknik pengolahan (kukus, panggang, tumis minimal minyak, dll.) terhadap retensi zat gizi dan risiko (lemak trans, akrilamida, natrium tambahan).
  • Mahasiswa merancang menu harian/sepekan yang memenuhi target gizi (energi, sebaran makro, natrium, serat, mikronutrien prioritas) untuk segmen sasaran (mis. dewasa sehat/ibu hamil/mahasiswa aktif), dengan mempertimbangkan budaya, biaya, dan ketersediaan lokal.
  • Mahasiswa menerapkan teknik memasak yang menjaga kualitas gizi dan menegakkan praktik K3, higiene–sanitasi, serta pencegahan kontaminasi silang sesuai SOP (mis. time–temperature control, mise en place higienis).
  • Mahasiswa mengevaluasi produk (mutu sensoris dasar, tekstur, penerimaan) dan mengkalkulasi nilai gizi sajian; kemudian merevisi resep berbasis data uji sensoris/umpan balik untuk mencapai target gizi & mutu.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar gizi
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Fungsi dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Fungsi dan metabolisme protein dalam tubuh
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Fungsi dan metabolisme lemak dalam tubuh
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Fungsi dan metabolisme vitamin dalam tubuh
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Fungsi dan metabolisme vitamin dalam tubuh
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Fungsi dan metabolisme mineral makro dan mikro dalam tubuh
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Fungsi dan metabolisme mineral makro dan mikro dalam tubuh
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Penilaian Progres Proyek Pengukuran IMT
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Kandungan zat gizi dalam bahan makanan serta kebutuhan tubuh akan zat gizi
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Cara membaca label gizi pada produk kemasan
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Kandungan zat gizi dalam bahan makanan serta kebutuhan tubuh akan zat gizi
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Tren kuliner sehat berbasis global
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Berbagai Profesi Kuliner
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Prinsip penyusunan menu seimbang berdasarkan kondisi tubuh dan aktivitas sehari-hari
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Penilaian Proyek Tugas Akhir
    • Date  21 Mei 2025

Dosen

LILIS SULANDARI
LILIS SULANDARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ASRUL BAHAR
ASRUL BAHAR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

QORRY'' AINA
QORRY'' AINA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Tata Boga
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10