Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa
| Study Program | : | |
| Establishment Date | : | 1 Agustus 2011 | 
| Study Program Coordinator | : | BRILLIAN ROSY | 
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
			Visi
Menjadi Program Studi yang Bereputasi di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2025
Misi
- Menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan kegiatan penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kajian pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi Good Department Governance untuk menjamin kepuasan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan
Tujuan
- Memiliki kemampuan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dibidang pendidikan dan keilmuan Administrasi Perkantoran untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia kerja
- Berkarakter profesional, beretika, bertanggung jawab dan mampu berkomunikasi baik tulis maupun lisan.
- Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui penelitian dan pendidikan yang lebih tinggi.
Capaian Lulusan Program Studi 
Universitas Negeri Surabaya
			Occupational Profiles Program Studi  
Universitas Negeri Surabaya
			- Guru atau Tenaga Pendidik Profesional 
 Guru yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan, budi pekerti, kecerdasan, keahlian, dan daya saing administrasi perkantoran bertaraf internasional sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi.
Struktur Kurikulum 
Universitas Negeri Surabaya
			Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
				Semester ke 1
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Wirausaha (3 SKS)
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					1000003006 
					BASICS OF EDUCATION 
					3.00 
					 
					1000002003 
					INDONESIAN 
					2.00 
					 
					8721003061 
					INTRODUCTION TO ADMINISTRATION AND MANAGEMENT SCIENCE 
					3.00 
					 
					1000002018 
					PANCASILA EDUCATION 
					2.00 
					 
					8721003058 
					PENGANTAR EKONOMI MIKRO 
					3.00 
					 
					8721003046 
					MATEMATIKA EKONOMI 
					3.00 
					 
					8721003055 
					PENGANTAR AKUNTANSI 
					3.00 
					 								
							
						
				Matakuliah Wirausaha
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721003056 
					PENGANTAR BISNIS 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 2
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721003091 
					TECHNOLOGY SUPPLIES 
					3.00 
					 
					1000002039 
					PSIKOLOGI PENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					100000202x 
					Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan 
					2.00 
					✔ 
					 
					1000002177 
					ENGLISH 
					2.00 
					 
					8721002099 
					PHILOSOPHY OF SCIENCE 
					2.00 
					 
					1000002010 
					BASIC NATURAL SCIENCES 
					2.00 
					 
					8721002020 
					BUSINESS LAW 
					2.00 
					 
					1000002033 
					CITIZENSHIP 
					2.00 
					 
					8721003057 
					PENGANTAR EKONOMI MAKRO 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 3
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721003093 
					TELAAH KURIKULUM 
					3.00 
					 
					8721003094 
					TEORI BELAJAR 
					3.00 
					 
					8721003006 
					COMPUTER APPLICATIONS 1 
					3.00 
					 
					8721003029 
					INDONESIAN CORRESPONDENCE 
					3.00 
					 
					8721002021 
					COMMUNICATION STUDIES 
					2.00 
					 
					1000002176 
					ENTREPRENEURSHIP 
					2.00 
					 
					8721003047 
					INSTRUCTIONAL MEDIA 
					3.00 
					 
					8721002071 
					TAXATION 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 4
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721003008 
					ASSESSMENT PROCESS AND LEARNING OUTCOMES 
					3.00 
					 
					8721003030 
					CORRESPONDENCE IN ENGLISH 
					3.00 
					 
					8721003007 
					COMPUTER APPLICATIONS 2 
					3.00 
					 
					8721002039 
					OFFICE MANAGEMENT 
					2.00 
					 
					8721003043 
					HUMAN RESOURCE MANAGEMENT 
					3.00 
					 
					8721003084 
					RESEARCH STATISTICS 1 
					3.00 
					 
					8721003052 
					INNOVATIVE LEARNING 
					3.00 
					 
					8721002079 
					MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 5
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721003002 
					FINANCIAL AND BANKING ADMINISTRATION 
					3.00 
					 
					8721002016 
					COMMUNICATION ETHICS 
					2.00 
					 
					8721003024 
					SECRETARIAL 
					3.00 
					 
					8721002035 
					MANAGEMENT DOCUMENTATION 
					2.00 
					 
					8721002037 
					MANAGEMENT 
					2.00 
					 
					8721003085 
					RESEARCH STATISTICS 2 
					3.00 
					 
					8721002064 
					PERSONALITY DEVELOPMENT 
					2.00 
					 
					8721003053 
					INNOVATIVE LEARNING 2 
					3.00 
					 
					8721003048 
					OF TYPING LEARNING TOOLS 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 6
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721002004 
					ADMINISTRATIVE SYSTEM ANALYSIS 
					2.00 
					 
					8721002032 
					EXCELLENT SERVICE 
					2.00 
					 
					8721002023 
					LEADERSHIP 
					2.00 
					 
					8721002018 
					PUBLIC RELATIONS 
					2.00 
					 
					8721002110 
					MICROTEACHING 
					2.00 
					 
					8721002087 
					STENOGRAPHY 
					2.00 
					 
					8721002070 
					PERILAKU ORGANISASI 
					2.00 
					 
					8721003051 
					RESEARCH METHODOLOGY 
					3.00 
					 
					8721003065 
					DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS 
					3.00 
					 
					8721003036 
					ARCHIVE MANAGEMENT 
					3.00 
					 								
							
						
				Semester ke 7
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721002022 
					K3 MEASURING 
					2.00 
					 
					8721003102 
					COMMUNITY SERVICE PROGRAM 
					3.00 
					 
					8721002040 
					LIBRARY MANAGEMENT MANAGEMENT 
					2.00 
					 
					8721002089 
					BUSINESS FEASIBILITY STUDY 
					2.00 
					 
					8721003077 
					OFFICE ADMINISTRATION SEMINAR 
					3.00 
					 
					8721003074 
					OFFICE ADMINISTRATION PRACTICES OFFICE 
					3.00 
					 
					8721002042 
					STRATEGIC MANAGEMENT 
					2.00 
					 
					8721006109 
					INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS 
					4.00 
					 								
							
						
				Semester ke 8
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										Kredit 
										Mandatori? 
									 
								
								
									
					8721006081 
					THESIS 
					6.00 
					 								
							
						
						
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 1000003006 | BASICS OF EDUCATION | 3.00 | |
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 8721003061 | INTRODUCTION TO ADMINISTRATION AND MANAGEMENT SCIENCE | 3.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 8721003058 | PENGANTAR EKONOMI MIKRO | 3.00 | |
| 8721003046 | MATEMATIKA EKONOMI | 3.00 | |
| 8721003055 | PENGANTAR AKUNTANSI | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721003056 | PENGANTAR BISNIS | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721003091 | TECHNOLOGY SUPPLIES | 3.00 | |
| 1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 100000202x | Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan | 2.00 | ✔ | 
| 1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
| 8721002099 | PHILOSOPHY OF SCIENCE | 2.00 | |
| 1000002010 | BASIC NATURAL SCIENCES | 2.00 | |
| 8721002020 | BUSINESS LAW | 2.00 | |
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 8721003057 | PENGANTAR EKONOMI MAKRO | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721003093 | TELAAH KURIKULUM | 3.00 | |
| 8721003094 | TEORI BELAJAR | 3.00 | |
| 8721003006 | COMPUTER APPLICATIONS 1 | 3.00 | |
| 8721003029 | INDONESIAN CORRESPONDENCE | 3.00 | |
| 8721002021 | COMMUNICATION STUDIES | 2.00 | |
| 1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
| 8721003047 | INSTRUCTIONAL MEDIA | 3.00 | |
| 8721002071 | TAXATION | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721003008 | ASSESSMENT PROCESS AND LEARNING OUTCOMES | 3.00 | |
| 8721003030 | CORRESPONDENCE IN ENGLISH | 3.00 | |
| 8721003007 | COMPUTER APPLICATIONS 2 | 3.00 | |
| 8721002039 | OFFICE MANAGEMENT | 2.00 | |
| 8721003043 | HUMAN RESOURCE MANAGEMENT | 3.00 | |
| 8721003084 | RESEARCH STATISTICS 1 | 3.00 | |
| 8721003052 | INNOVATIVE LEARNING | 3.00 | |
| 8721002079 | MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721003002 | FINANCIAL AND BANKING ADMINISTRATION | 3.00 | |
| 8721002016 | COMMUNICATION ETHICS | 2.00 | |
| 8721003024 | SECRETARIAL | 3.00 | |
| 8721002035 | MANAGEMENT DOCUMENTATION | 2.00 | |
| 8721002037 | MANAGEMENT | 2.00 | |
| 8721003085 | RESEARCH STATISTICS 2 | 3.00 | |
| 8721002064 | PERSONALITY DEVELOPMENT | 2.00 | |
| 8721003053 | INNOVATIVE LEARNING 2 | 3.00 | |
| 8721003048 | OF TYPING LEARNING TOOLS | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721002004 | ADMINISTRATIVE SYSTEM ANALYSIS | 2.00 | |
| 8721002032 | EXCELLENT SERVICE | 2.00 | |
| 8721002023 | LEADERSHIP | 2.00 | |
| 8721002018 | PUBLIC RELATIONS | 2.00 | |
| 8721002110 | MICROTEACHING | 2.00 | |
| 8721002087 | STENOGRAPHY | 2.00 | |
| 8721002070 | PERILAKU ORGANISASI | 2.00 | |
| 8721003051 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
| 8721003065 | DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS | 3.00 | |
| 8721003036 | ARCHIVE MANAGEMENT | 3.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721002022 | K3 MEASURING | 2.00 | |
| 8721003102 | COMMUNITY SERVICE PROGRAM | 3.00 | |
| 8721002040 | LIBRARY MANAGEMENT MANAGEMENT | 2.00 | |
| 8721002089 | BUSINESS FEASIBILITY STUDY | 2.00 | |
| 8721003077 | OFFICE ADMINISTRATION SEMINAR | 3.00 | |
| 8721003074 | OFFICE ADMINISTRATION PRACTICES OFFICE | 3.00 | |
| 8721002042 | STRATEGIC MANAGEMENT | 2.00 | |
| 8721006109 | INTRODUCTION TO SCHOOL FIELDS | 4.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? | 
|---|---|---|---|
| 8721006081 | THESIS | 6.00 | 
Evaluasi Kurikulum Program Studi 
Universitas Negeri Surabaya
			Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-4; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-5 sampai dengan PLO-8; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-9 sampai dengan PLO-11, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-12 sampai PLO-14. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.
Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.
Tracer Study
Hasil tracer study menunjukkan bahwa 36,4% lulusan bekerja sebagai guru, dan 39,4% bekerja sebagai tenaga administrasi, dan selebihnya tersebar merata pada beberapa jenis pekerjaan seperti arsiparis, teller, tentor, tata usaha, staf HRD, eksport staf dan customer service. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari lima bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap memiliki tingkat keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, sebanyak 39,4%, responden menilai antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah sangat erat, terdapat 21,2% Erat; dan 33,3% Cukup Erat, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai sangat erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan saat ini. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.
Rekap PLO Program Studi 
Universitas Negeri Surabaya
			 | Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
| Indonesian Correspondence | 3 | 23.08% | 30.77% | 46.15% | 100 % | ||||||
| Pengantar Bisnis | 3 | 33.33% | 20% | 46.67% | 100 % | ||||||
| Introduction to Administration and Management Science | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
| Secretarial | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||
| Public Relations | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
| Statistics | 2 | 20% | 60% | 20% | 100 % | ||||||
| Archive Management | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
| Import Export Administration | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
| Excellent Service | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||
| Office Management | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
| Electronic Records Management Office | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Pengantar Akuntansi | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Management | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
| Perilaku Organisasi | 3 | 35.29% | 23.53% | 41.18% | 100 % | ||||||
| Administrative System Analysis | 2 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||
| School Curriculum | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
| Teori Belajar | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Entrepreneurship | 2 | 14.29% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 100 % | |||||
| Teaching Skills and Microlearning | 2 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | |||||
| Financial and Banking Administration | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
| Research methodology | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
| Management Information System | 3 | 35.71% | 42.86% | 21.43% | 100 % | ||||||
| Correspondence in English | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
| Office Administration Practices Office | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
| Computer Applications | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
| Basic Education | 2 | 100% | 100 % | ||||||||
| Learning Planning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Communication | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
| Development of Teaching Materials | 2 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Evaluation of Learning and Learning | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
| Human Resource Management | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
| Entrepreneurship Practices | 2 | 45.45% | 9.09% | 18.18% | 9.09% | 18.18% | 99.99 % | ||||
| Introduction to Adm and Management Science | 3 | 18.18% | 36.36% | 45.45% | 99.99 % | ||||||
| Leadership | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Business Law | 2 | 12.5% | 12.5% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||
| Office Administration Seminar | 3 | 45.45% | 54.55% | 100 % | |||||||
| Personality Development | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
| Office Administration Learning Strategy | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||
| Manajemen Strategik | 3 | 20% | 60% | 20% | 100 % | ||||||
| Descriptive statistics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Occupational Health and Safety | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
| Research Data Analysis | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi 
Universitas Negeri Surabaya
			Landasan Perancangan Kurikulum
-  Universitas Value
 Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan(Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976). Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme,romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihandan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa. Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran.
- Landasan Sosilogis
 Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan,materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan denganperkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dandisesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut. Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman(2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara.Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yangdikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.
- Landasan  Historis       
 Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis,pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.
- Landasan Yuridis
 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
 2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
 3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa
 4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
 5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
 6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
 7. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.
 8. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019, tentang Musyawarah Desa.
 9. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
 10. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa.
 11. SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019 tentang Penetapan Buku Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Universitas Negeri Surabaya
 12. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2019 Tentang pemberian Penghargaan Akademis Kepada Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Surabaya.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved



 
 
			 
 
			 
 
			 
 
			