Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman Unesa
Study Program | : | German Language Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam Kependidikan Bahasa Jerman
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan dalam bidang Bahasa Jerman secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Melaksanakan dan meningkatkan penelitian serta mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman secara aktif dan berkesinambungan dalam persaingan internasional
- Menerapkan hasil penelitian dan mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman kepada masyarakat
- Mengembangkan kompetensi ( bahasa Jerman ) yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
Capaian Lulusan Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menghargai keanekaragaman budaya, agama, kepercayaan, dan pendapat serta berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab sesuai etika akademik dan etika profesi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman. Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu menguasai bahasa Jerman dalam dunia usaha dan industri (Wirtschaftskommunikationsdeutsch) dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | ampu menguasai konsep, metode, dan strategi untuk pemecahan masalah sesuai dengan profesi yang diemban melalui intra dan interdisiplin dalam bidang bahasa, sastra, budaya, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bidang ilmu lain yang terkait
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-13 | Menguasai ilmu kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-14 | Mampu melakukan kegiatan kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-15 | Mampu melakukakan kegiatan dalam dunia usaha dan industri dengan menggunakan bahasa Jerman (Wirtschaftskommunikationsdeutsch)dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dengan tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-16 | Menguasai ilmu penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-17 | Mampu melakukan penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820704257
SPRECHEN FR ANFNGER
4.00
8820704259
SCHREIBEN FUER ANFAENGER
4.00
8820704055
HOEREN I
4.00
8820704152
SPRECHEN I
4.00
8820702052
GRAMMATIC I
2.00
8820704175
UEBERSETZUNG SUP23
4.00
8820702210
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8820702053
GRAMMATIC II
2.00
8820704071
LESEN I
4.00
8820704122
SCHREIBEN I
4.00
8820706134
THESIS
6.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820704123
SCHREIBEN II
4.00
8820704072
LICENSE PROGRAMS II
4.00
8820704153
SPRECHEN II
4.00
1000002020
PANCASILA EDUCATION
2.00
8820704056
HO EREN II
4.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820702054
GRUNDLAGE DER TOURISTIK
2.00
8820702068
KULTURKUNDE
2.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
8820702079
INSTRUCTIONAL MEDIA
2.00
8820704032
DEUTSCH I
4.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820702124
SCHRIFTLICHER AUSDRUCK
2.00
1000003006
BASICS OF EDUCATION
3.00
8820703163
TEORI BELAJAR
3.00
8820703162
SCHOOL CURRICULUM REVIEW
3.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8820704033
DEUTSCH II
4.00
8820703097
INTRODUCTORY LINGUISTICS
3.00
8820703091
INNOVATIVE LEARNING
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820702066
CORRESPONDENCE
2.00
8820702095
INTRODUCTION TO COMMUNICATION SUP23
2.00
8820702179
PHILOSOPHY OF SCIENCE
2.00
8820703016
ASSESSMENT PROCESS LEARNING OUTCOMES
3.00
8820703101
INTRODUCTION TO LITERATURE
3.00
8820704010
ARBEIT AM TEXT
4.00
8820704174
UEBERSETZUNG SUP13
4.00
8820704169
UEBERSETZUNG
4.00
8820704035
DEUTSCH III
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820704132
SEMINAR LEARNING LANGUAGE TEACHING
4.00
8820703102
DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS
3.00
8820703181
COMMUNITY SERVICE PROGRAM
3.00
8820703187
KREATIVES SCHREIBEN
3.00
8820702154
STATISTICS
2.00
8820704036
DEUTSCH IV
4.00
8820704084
RESEARCH METHODOLOGY LANGUAGE AND LITERATURE
4.00
8820702185
MICRO TEACHING
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820702007
DISCOURSE ANALYSIS
2.00
8820703178
WISSENSCHAFTLICHES SCHREIBEN
3.00
8820704024
GERMAN FOR THE BUSINESS WORLD
4.00
8820702120
REISELEITUNG
2.00
8820702037
DOLMETSCHEN
2.00
8820702110
REAL WORK PRACTICES
2.00
8820704049
FREIER VORTRAG
4.00
8820702047
FACHLICHE UEBERSETZUNG
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820702135
SOSIOLINGUISTIK
2.00
8820702115
PRAGMATICS
2.00
8820702128
SEMANTICS
2.00
8820706133
THESIS
6.00
8820702239
MIKROTEACHING
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820704257 | SPRECHEN FR ANFNGER | 4.00 | |
8820704259 | SCHREIBEN FUER ANFAENGER | 4.00 | |
8820704055 | HOEREN I | 4.00 | |
8820704152 | SPRECHEN I | 4.00 | |
8820702052 | GRAMMATIC I | 2.00 | |
8820704175 | UEBERSETZUNG SUP23 | 4.00 | |
8820702210 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
8820702053 | GRAMMATIC II | 2.00 | |
8820704071 | LESEN I | 4.00 | |
8820704122 | SCHREIBEN I | 4.00 | |
8820706134 | THESIS | 6.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820704123 | SCHREIBEN II | 4.00 | |
8820704072 | LICENSE PROGRAMS II | 4.00 | |
8820704153 | SPRECHEN II | 4.00 | |
1000002020 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
8820704056 | HO EREN II | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702054 | GRUNDLAGE DER TOURISTIK | 2.00 | |
8820702068 | KULTURKUNDE | 2.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
8820702079 | INSTRUCTIONAL MEDIA | 2.00 | |
8820704032 | DEUTSCH I | 4.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702124 | SCHRIFTLICHER AUSDRUCK | 2.00 | |
1000003006 | BASICS OF EDUCATION | 3.00 | |
8820703163 | TEORI BELAJAR | 3.00 | |
8820703162 | SCHOOL CURRICULUM REVIEW | 3.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8820704033 | DEUTSCH II | 4.00 | |
8820703097 | INTRODUCTORY LINGUISTICS | 3.00 | |
8820703091 | INNOVATIVE LEARNING | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702066 | CORRESPONDENCE | 2.00 | |
8820702095 | INTRODUCTION TO COMMUNICATION SUP23 | 2.00 | |
8820702179 | PHILOSOPHY OF SCIENCE | 2.00 | |
8820703016 | ASSESSMENT PROCESS LEARNING OUTCOMES | 3.00 | |
8820703101 | INTRODUCTION TO LITERATURE | 3.00 | |
8820704010 | ARBEIT AM TEXT | 4.00 | |
8820704174 | UEBERSETZUNG SUP13 | 4.00 | |
8820704169 | UEBERSETZUNG | 4.00 | |
8820704035 | DEUTSCH III | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820704132 | SEMINAR LEARNING LANGUAGE TEACHING | 4.00 | |
8820703102 | DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS | 3.00 | |
8820703181 | COMMUNITY SERVICE PROGRAM | 3.00 | |
8820703187 | KREATIVES SCHREIBEN | 3.00 | |
8820702154 | STATISTICS | 2.00 | |
8820704036 | DEUTSCH IV | 4.00 | |
8820704084 | RESEARCH METHODOLOGY LANGUAGE AND LITERATURE | 4.00 | |
8820702185 | MICRO TEACHING | 2.00 | |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702007 | DISCOURSE ANALYSIS | 2.00 | |
8820703178 | WISSENSCHAFTLICHES SCHREIBEN | 3.00 | |
8820704024 | GERMAN FOR THE BUSINESS WORLD | 4.00 | |
8820702120 | REISELEITUNG | 2.00 | |
8820702037 | DOLMETSCHEN | 2.00 | |
8820702110 | REAL WORK PRACTICES | 2.00 | |
8820704049 | FREIER VORTRAG | 4.00 | |
8820702047 | FACHLICHE UEBERSETZUNG | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702135 | SOSIOLINGUISTIK | 2.00 | |
8820702115 | PRAGMATICS | 2.00 | |
8820702128 | SEMANTICS | 2.00 | |
8820706133 | THESIS | 6.00 | |
8820702239 | MIKROTEACHING | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Prodi Pendidikan dilakukan secara periodik untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kurikulum. Perubahan dan penyuaian kurikulum dilakukan juga berdasarkan hasil tracer study yang dilakukan oleh prodi Pendidikan secara teratur.
Rekap PLO Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | PLO15 | PLO16 | PLO17 | |||
Basic Education | 2 | 5.26% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 5.26% | 21.05% | 5.26% | 99.99 % | |||||||||
Freier Vortrag | 2 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||||||||
Deutsch | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||||
Grundgrammatic | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Thematisches Sprechen | 2 | 28.57% | 25% | 17.86% | 17.86% | 7.14% | 3.57% | 100 % | |||||||||||
Kulturkunde | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Statistics | 2 | 15.38% | 15.38% | 30.77% | 23.08% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||||||
Sprechen Fuer Anfaenger | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||||
Thematisches Schreiben | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||||
and Language Learning | 2 | 12% | 12% | 16% | 16% | 12% | 16% | 16% | 100 % | ||||||||||
Telaah Kurikulum | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||
Sprechen Fr Anfnger | 4 | 100% | 100 % | ||||||||||||||||
Introduction to Communication Sup23 | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||||||
Wissenschaftliches Schreiben | 3 | 44.44% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||||||
Freier Vortrag | 4 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||||||||
Pruefungsvorbereitung | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||||
Arbeit Am Text | 2 | 9.09% | 9.09% | 27.27% | 9.09% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||||||
Educational Linguistics | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||||||||
Wissenschaftliches Schreiben | 4 | 25% | 15% | 15% | 10% | 5% | 10% | 15% | 5% | 100 % | |||||||||
Freier Vortrag | 4 | 36.36% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | ||||||||||||
Introduction To Linguistics | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum penndidikan Bahasa Jerman Unesa dikembangkan berdasarkan empat landasan, yaitu
(1) Landasan filosofis,
(2) landasan psikologis,
(3) sosiologis dan
(4) landasan ilmu pengetahuan
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved