Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Study Program | : | Mathematics Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
- Mengembangkan prodi pendidikan matematika berbasis konteks yang tangguh, adaptif, inovatif, dan kolaboratif, berwawasan edu-ecopreneurship serta memperoleh rekognisi internasional
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara rasional, efektif, dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar 2021_2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202004
FISIKA UMUM
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8420202004
BIOLOGI UMUM
2.00
8420203043
THE BASICS OF MATHEMATICS
3.00
1000002005
BASICS OF EDUCATION
2.00
8420203004
DIFFERENTIAL CALCULUS
3.00
8420202004
KIMIA UMUM
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
- Agama Protestan
2.00
✔
8420203064
GEOMETRY
3.00
8420202197
SEJARAH MATEMATIKA
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
8420203084
INTEGRAL CALCULUS
3.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8420202094
CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8420202004
TEORI BELAJAR
2.00
8420202222
NUMBER THEORY
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203004
ANALISIS REAL
3.00
8420202004
VISUAL PROGRAMMING
2.00
8420203007
ELEMENTARY LINEAR ALGEBRA
3.00
8420202004
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8420202004
GEOMETRI ANALITIK
2.00
8420202004
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8420202004
DISCRETE MATHEMATICS
2.00
8420202004
REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
2.00
8420202004
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8420202004
LEARNING PLANNING
2.00
8420202004
STATISTICS
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202004
MATHEMATICAL MODELING
2.00
8420202004
ALGEBRA ABSTRACT
2.00
8420202047
ELEARNING
2.00
8420203086
MULTIPLE VARIABLE CALCULUS
3.00
8420203111
SCHOOL MATHEMATICS MATHEMATICS
3.00
8420202121
INSTRUCTIONAL MEDIA
2.00
8420203128
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8420200004
INNOVATIVE LEARNING
3.00
8420202148
SOLUTION TO PROBLEM
2.00
8420203173
ORDINARY DIFFERENTIAL EQUATIONS
3.00
8420202004
RISET OPERASI
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003068
KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM
3.00
1000004066
KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT
4.00
1000004067
KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000003069
KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM
3.00
1000003070
KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN
3.00
1000003065
KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM
3.00
8420202200
MATHEMATICS EDUCATION SEMINAR
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202004
TEORI PELUANG
2.00
8420202004
TRANSFORMATION GEOMETRY
2.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
8420202093
PUBLIC COMMUNICATION
2.00
8420202004
NUMERICAL METHODS
2.00
8420202004
MICRO LEARNING
2.00
8420202153
REASONING AND PROOF
2.00
8420202004
EDUCATIONAL OPPORTUNITIES STEM
2.00
8420202169
WRITING SCIENTIFIC PAPERS
2.00
8420202186
PSYCHOLOGY MATHEMATICS LEARNING
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
PLP ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
1000002049
PLP MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002054
PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP PRAKTIK MENGAJAR
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202052
ETNOMATEMATIKA
2.00
8420202057
PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION
2.00
8420202004
INTERPERSONAL COMMUNICATION
2.00
8420202105
MANAGEMENT AND LEADERSHIP
2.00
8420202004
PERSONALITY DEVELOPMENT
2.00
8420202004
COGNITIVE SCIENCE
2.00
8420206202
THESIS
6.00
8420202220
NUMBER THEORY
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202004 | FISIKA UMUM | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8420202004 | BIOLOGI UMUM | 2.00 | |
8420203043 | THE BASICS OF MATHEMATICS | 3.00 | |
1000002005 | BASICS OF EDUCATION | 2.00 | |
8420203004 | DIFFERENTIAL CALCULUS | 3.00 | |
8420202004 | KIMIA UMUM | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8420203064 | GEOMETRY | 3.00 | |
8420202197 | SEJARAH MATEMATIKA | 2.00 | |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8420203084 | INTEGRAL CALCULUS | 3.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8420202094 | CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8420202004 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8420202222 | NUMBER THEORY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203004 | ANALISIS REAL | 3.00 | |
8420202004 | VISUAL PROGRAMMING | 2.00 | |
8420203007 | ELEMENTARY LINEAR ALGEBRA | 3.00 | |
8420202004 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8420202004 | GEOMETRI ANALITIK | 2.00 | |
8420202004 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
8420202004 | DISCRETE MATHEMATICS | 2.00 | |
8420202004 | REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION | 2.00 | |
8420202004 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8420202004 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8420202004 | STATISTICS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202004 | MATHEMATICAL MODELING | 2.00 | |
8420202004 | ALGEBRA ABSTRACT | 2.00 | |
8420202047 | ELEARNING | 2.00 | |
8420203086 | MULTIPLE VARIABLE CALCULUS | 3.00 | |
8420203111 | SCHOOL MATHEMATICS MATHEMATICS | 3.00 | |
8420202121 | INSTRUCTIONAL MEDIA | 2.00 | |
8420203128 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8420200004 | INNOVATIVE LEARNING | 3.00 | |
8420202148 | SOLUTION TO PROBLEM | 2.00 | |
8420203173 | ORDINARY DIFFERENTIAL EQUATIONS | 3.00 | |
8420202004 | RISET OPERASI | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003068 | KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM | 3.00 | |
1000004066 | KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT | 4.00 | |
1000004067 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
1000003069 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM | 3.00 | |
1000003070 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN | 3.00 | |
1000003065 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM | 3.00 | |
8420202200 | MATHEMATICS EDUCATION SEMINAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202004 | TEORI PELUANG | 2.00 | |
8420202004 | TRANSFORMATION GEOMETRY | 2.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
8420202093 | PUBLIC COMMUNICATION | 2.00 | |
8420202004 | NUMERICAL METHODS | 2.00 | |
8420202004 | MICRO LEARNING | 2.00 | |
8420202153 | REASONING AND PROOF | 2.00 | |
8420202004 | EDUCATIONAL OPPORTUNITIES STEM | 2.00 | |
8420202169 | WRITING SCIENTIFIC PAPERS | 2.00 | |
8420202186 | PSYCHOLOGY MATHEMATICS LEARNING | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202052 | ETNOMATEMATIKA | 2.00 | |
8420202057 | PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION | 2.00 | |
8420202004 | INTERPERSONAL COMMUNICATION | 2.00 | |
8420202105 | MANAGEMENT AND LEADERSHIP | 2.00 | |
8420202004 | PERSONALITY DEVELOPMENT | 2.00 | |
8420202004 | COGNITIVE SCIENCE | 2.00 | |
8420206202 | THESIS | 6.00 | |
8420202220 | NUMBER THEORY | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Di Program Studi S1 Pendidikan Matematika, evaluasi kurikulum berjalan (ongoing curriculum) dilaksanakan secara berkala sebagai upaya memastikan kesesuaian antara capaian pembelajaran dengan dinamika kebutuhan pendidikan dan perkembangan keilmuan. Evaluasi tahunan ini difokuskan untuk mengidentifikasi tantangan implementasi kurikulum, seperti kendala teknis dalam penjadwalan mata kuliah, kesenjangan antara teori dan praktik, atau respons terhadap perkembangan metodologi pembelajaran matematika terkini. Mekanisme evaluasi dilakukan melalui forum lokakarya kurikulum yang melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, serta mitra stakeholders seperti sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi profesi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/IMES).
Hasil evaluasi tahunan menjadi dasar penyempurnaan minor kurikulum, seperti penyesuaian silabus, penambahan materi terkini, atau optimalisasi metode pembelajaran. Sementara itu, restrukturisasi kurikulum menyeluruh dilakukan setiap lima tahun dengan mengacu pada siklus standar: (1) studi pendahuluan (analisis kebutuhan, tracer study lulusan, studi banding), (2) perancangan kurikulum baru, (3) pengesahan, (4) uji publik, dan (5) implementasi. Pada tahap studi pendahuluan, data tracer study lulusan S1 dianalisis untuk menilai keterserapan di bidang pendidikan (guru, tutor, atau sektor terkait), kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri pendidikan, serta masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Kolaborasi dengan asosiasi seperti IMES dan jejaring perguruan tinggi memperkaya proses restrukturisasi melalui pertukaran praktik baik dan standar nasional. Dengan menggabungkan evaluasi rutin tahunan dan siklus restrukturisasi lima tahunan, Prodi S1 Pendidikan Matematika menjamin kurikulumnya tetap adaptif, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan selaras dengan perkembangan ilmu pendidikan matematika secara global.
Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Elementary Linear Algebra | 3 | 30% | 60% | 10% | 100 % | ||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
School Mathematics Mathematics | 3 | 45.45% | 9.09% | 27.27% | 18.18% | 99.99 % | |||||||
The Basics of Mathematics | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
Integral Calculus | 4 | 35.29% | 29.41% | 35.29% | 99.99 % | ||||||||
Geometry | 3 | 53.85% | 46.15% | 100 % | |||||||||
Number Theory | 2 | 20% | 33.33% | 46.67% | 100 % | ||||||||
Writing Scientific Papers | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Conservation of Natural Resources | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Riset Operasi | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Discrete Mathematics | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Mathematical Modeling | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Algebra Abstract | 2 | 24% | 36% | 40% | 100 % | ||||||||
Differential Calculus | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Transformation Geometry | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Realistic Mathematics Education | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Instructional Media | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Innovative Learning | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Learning Planning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Statistics | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
School Curriculum | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Visual Programming | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Thesis | 6 | 30% | 20% | 20% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |||||
Entrepreneurship | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Micro Learning | 2 | 21.43% | 28.57% | 28.57% | 21.43% | 100 % | |||||||
Research methodology | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Multiple variable calculus | 3 | 42.86% | 57.14% | 100 % | |||||||||
Reasoning and Proof | 2 | 28.57% | 64.29% | 7.14% | 100 % | ||||||||
Integral Calculus | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Solution to problem | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Differential Calculus | 4 | 72.73% | 27.27% | 100 % | |||||||||
Philosophy of Mathematics Education | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Basic Education | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Educational Opportunities Stem | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Ordinary Differential Equations | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Visual Programming | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Konsep Dasar Ipa | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Pengembangan kurikulum Program Sarjana (S1) Pendidikan Matematika didasarkan pada lima landasan utama: filosofis, sosiologis, psikologis, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta yuridis. Berikut penjelasannya dalam konteks jenjang sarjana:
1. Landasan Filosofis
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi prinsip Outcome-Based Education (OBE) yang berfokus pada pencapaian kompetensi lulusan sebagai guru matematika yang profesional. Aliran filosofis postmodern, konstruktivisme, dan progresivisme menjadi dasar untuk membangun kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan individu dan konteks sosial. Konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan matematika dibangun melalui interaksi aktif siswa dengan lingkungan, sementara progresivisme menekankan pendidikan sebagai pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pembelajar. Hal ini tercermin dalam desain pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan aktivitas kolaboratif yang mendorong mahasiswa S1 menjadi guru yang adaptif, kreatif, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata di kelas.
2. Landasan Sosiologis
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika dirancang untuk menjawab tantangan sosiologis dalam pendidikan, seperti kesenjangan kualitas pembelajaran di berbagai daerah dan kebutuhan akan guru matematika yang memahami dinamika sosial siswa. Teori fungsionalisme struktural diintegrasikan untuk memastikan peran guru dalam menjaga stabilitas sistem pendidikan, sementara teori interaksi simbolik dan fenomenologi mendorong mahasiswa S1 memahami perspektif siswa dari latar belakang budaya beragam. Kolaborasi dengan sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/ IMES) menjadi bagian integral untuk memastikan kurikulum selaras dengan kebutuhan masyarakat dan praktik terbaik di lapangan.
3. Landasan Psikologis
Psikologi kognitif dan sosio-kultural menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran di S1 Pendidikan Matematika. Teori Vygotsky tentang zona perkembangan proksimal diterapkan dalam desain pembelajaran kooperatif, sementara konstruktivisme Piaget diwujudkan melalui aktivitas eksperimen matematika dan refleksi kritis. Embodied cognition diintegrasikan dengan penggunaan alat peraga konkret untuk membantu mahasiswa memahami konsep abstrak matematika. Pendekatan ini tidak hanya mempersiapkan calon guru dalam metode pembelajaran, tetapi juga melatih kemampuan mereka untuk merancang pembelajaran inklusif yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa.
4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi pandangan matematika sebagai aktivitas manusia yang dinamis, bukan sekadar kumpulan prosedur statis. Integrasi teknologi digital seperti simulasi GeoGebra, platform pembelajaran berbasis AI, dan model STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) digunakan untuk melatih calon guru dalam mengajarkan matematika yang relevan dengan era Society 5.0. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan konsep metaverse untuk eksplorasi virtual dalam pembelajaran geometri atau statistika, serta penggunaan big data untuk analisis kebutuhan pembelajaran siswa. Fokusnya adalah membentuk guru yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai media dan sumber belajar, bukan hanya sebagai alat tambahan.
5. Landasan Yuridis
Pengembangan kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengacu pada regulasi nasional dan institusional, antara lain:
UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dan UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen sebagai dasar pembentukan kompetensi keguruan.
Peraturan Pemerintah No. 4/2014 dan KKNI (Permendikbud No. 73/2013) untuk menjamin kesetaraan kualitas lulusan dengan standar nasional.
Permendikbudristek No. 53/2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sebagai acuan evaluasi kurikulum.
Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2025 dan Renstra FMIPA 2024-2029 yang menekankan penguatan kompetensi guru matematika berbasis riset dan teknologi.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved