•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Study Program  :  Language and Literature Education
Establishment Date  :  2 April 2007
Study Program Coordinator  :  Dr. Titik Indarti, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Misi
1. Menyelenggarakan pendidik-an dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra; 3. Menyelenggarakan pengabdi-an kepada masyarakat yang berbasis pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmua bahasa dan sastra; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.
Tujuan
1. Menghasilkan tenaga ahli bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra setingkat magister yang inovatif dan kreatif; 2. Menghasilkan karya penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra baik dalam bentuk tesis sebagai tugas akhir mahasiswa maupun penelitian dosen yang berpendekatan interdisipliner atau multidisipliner; 3. Mengabdikan hasil inovasi dan pengembangan kependidikan dan keilmuan bahasa dan sastra demi kemaslahatan masyarakat; 4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa dan sastra, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra.
Nilai_dasar
Pemikiran kritis, kreatif, interdisipliner, multididipliner, dan transdisipliner di bidang kependidikan bahasa dan sastra; memajukan dan meningkatkan kualitas keilmuan bahasa dan sastra melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan ilmu Bahasa dan sastra yang multilingual.
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam inovasi kependidikan bahasa dan sastra, serta tangguh, adaptif dan inovatif dalam pengembangan ilmu bahasa dan sastra yang multilingual berbasis riset, teknologi, dan kewirausahaan untuk menjawab tantangan global
Capaian Lulusan Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;

Occupational Profiles Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Bahasa dan Sastra; Peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra; dan pengelola program pendidikan bahasa dan sastra

Struktur Kurikulum Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8811103059 GENERAL LITERARY SCIENCE 3.00
8811102136 PSYCHOLINGUISTICS 2.00
8811103239 ANALYSIS OF CURRENT JOURNAL ARTICLES 3.00
8811103240 APPLIED LINGUISTICS 3.00
8811103241 CURRENT LANGUAGE LITERATURE PEDAGOGY 3.00
8811102037 ENGLISH AS INTERNATIONAL LANGUAGE 2.00
8811103050 GENERAL OUTLOOK OF LITERATURE 3.00
8811103051 GENGOGAKU 3.00
8811102057 GOYOURON 2.00
8811103069 IPPANBUNGAKU 3.00
8811103198 LINGUISTICS 3.00
8811103095 LINGUISTICS 3.00
8811102098 LITERACY IN EDUCATION LITERACY IN 2.00
8811102100 LITERACY IN EDUCATION 2.00
8811103242 LITERATURE IN LANGUAGE EDUCATION 3.00
8811102113 MINWA 2.00
8811100114 NIHONGO 0.00
8811102121 PHILOSOPHIE UND BILDUNGSPOLITIK 2.00
8811102238 PHILOSOPHY OF LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION 2.00
8811102124 PRAGMATICS 2.00
8811102125 PRAGMATICS 2.00
8811102129 PRINCIPLES OF LANGUAGE LEARNING AND TEACHING 2.00
8811102132 PRINZIPIEN DES LERNENS VON SPRACHE UND LITERATUR 2.00
8811102135 PSIKOLINGUISTIK 2.00
8811102163 SHAKAI BUNGAKU 2.00
8811102165 SHINRI GENGOGAKU 2.00
8811102170 SOCIOLOGY OF LITERATURE 2.00
8811102172 SOCIOLOGY OF LITERATURE 2.00
8811102174 SOZIOLOGIE DER LITERATUR 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8811103018 BUNGAKU HIHYOU 3.00
8811103028 INSTRUCTIONAL DESIGN 3.00
8811103029 LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING DESIGN 3.00
8811100256 DESIGN OF LANGUAGE AND LITERATURE PEDAGOGY 3.00
8811102058 HIKAKU BUNGAKU 2.00
8811103061 INSTRUCTIONAL DESIGN 3.00
8811102088 LANGUAGE LEARNING ASSESSMENT 2.00
8811103106 METHODS OF RESEARCH IN LINGUISTICS AND LANGUAGE TEACHING 3.00
8811102005 ANGEWANDTE LINGUISTIK 2.00
8811102014 BEWERTUNG IM SPACHUNTERRICHT 2.00
8811103015 BUNGAKU GENGO KYOUIKU DESIGN 3.00
8811102016 BUNGAKU GENGO KYOUIKUHYOUKA 2.00
8811102019 BUNGAKU KENKYUHO 2.00
8811102023 COMPARATIVE LITERATURE 2.00
8811102040 EVALUATION OF LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING 2.00
8811103046 FORSCHUNGMETHODEN VON SPRACHEN UND SPACHLEHRE 3.00
8811102047 FORSCHUNGSMENTODEN VON LITERARISCHEN WERKEN 2.00
8811102209 GENGO TO BUNGAKU NO KAKUSHIN 2.00
8811103056 GENGO TO SONOKYOJU NO KENKYUHO 3.00
8811102210 INNOVATION IN DER SPRACH UND LITERATURPDAGOGIK 2.00
8811102208 INNOVATION IN LANGUAGE AND LITERATURE PEDAGOGY 2.00
8811102207 INNOVATION IN LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING BASED IT 2.00
8811103072 LITERARY CRITICISM 3.00
8811102096 APPLIED LINGUISTICS 2.00
8811103099 LITERARY CRITICISM 3.00
8811103101 LITERARYCRITICISM 3.00
8811102107 METHODS OF RESEARCH IN LITERATURE 2.00
8811103206 METHODS OF LANGUAGE RESEARCH AND LANGUAGE TEACHING 3.00
8811102205 METHODOLOGY 2.00
8811102115 OUYOUGENGOGAKU 2.00
8811102257 PRAGMASTYLISTICS 2.00
8811102150 COMPARATIVE LITERATURE 2.00
8811102229 SECOND 2.00
8811103164 SHAKAI GENGOGAKU 3.00
8811103169 SOCIOLINGUISTICS 3.00
8811103171 SOSIOLINGUISTIK 3.00
8811103173 SOZIOLINGUISTIK 3.00
8811103193 UNTERRICHTSENTWURF 3.00
8811102194 VERGLEICHENDE LITERATUR 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8811104202 THESEN PROPOSAL SEMINAR 2.00
8811102020 BUNKENGAKU 2.00
8811102021 BUNTAI 2.00
8811102042 PHILOLOGY 2.00
8811102082 LANGUAGE ACQUISITION 2.00
8811102116 LANGUAGE ACQUISITION 2.00
8811102119 PHILOLOGIE 2.00
8811102120 PHILOLOGY 2.00
8811102160 THESIS PROPOSAL SEMINAR 2.00
8811100167 SHUURON KEIKAKU 0.00
8811102178 STYLISTIK 2.00
8811102179 STYLISTICS BASIC READING 2.00
8811102180 STYLISTICS 2.00
8811104203 THESIS PROPOSAL SEMINAR 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8811108185 THESIS 8.00
8811108168 SHUUSHI RONBUN 8.00
8811108190 THESIS 8.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Tindak lanjut hasil dari evaluasi kebijakan PS yakni perbaikan dokumen kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran sesuai catatan saran dari pihak auditor yakni GPM dan SPM serta menyerahkan kembali hasil dari perbaikan yang telah diperbaiki dan diperbaharui. Berikut adalah bukti dokumen kurikulum dan dokumen audit internal serta RTM. Evaluasi yang dilakukan Prodi S2 Bahasa dan Sastra mengadaptasi pola penjaminan mutu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan).  Feedback yang didapatkan dari kegiatan audit internal ini menjadi bahan perbaikan penyelenggaraan prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra. 

Rekap PLO Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO10PLO11PLO12
Philosophy of Language and Literature Education 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Materials And Media Development For Language And Literature Education 2 20% 40% 20% 20% 100 %
Internship 2 22.22% 11.11% 11.11% 11.11% 22.22% 11.11% 11.11% 99.99 %
Curriculum Of Language Literature Education 2 12.5% 18.75% 12.5% 25% 12.5% 18.75% 100 %
Latest Issues Of Language 2 100% 100 %
Analysis Of Current Journal Articles 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
It Based Innovation In Language And Literature Pedagogy 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Development Of Language And Literature Learning Materials And Media 2 10.53% 10.53% 15.79% 26.32% 15.79% 21.05% 100 %
Thesis 6 50% 25% 25% 100 %
Pragmastilistics 2 20% 40% 20% 20% 100 %
Research Proposal 2 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
Publication 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Innovation In Language And Literature Learning Based It 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Methods Of Research In Language And Literature Education 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Current Language Literature Pedagogy 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Popular Culture Studies 2 57.14% 42.86% 100 %
Philosophy Of Language And Literature Education 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Comparative Literature 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Literacy In Education Literacy In 2 6.25% 31.25% 37.5% 25% 100 %
Literacy in Education 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Nihongo Kenkyuu 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Literary Criticism 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Literature In Language Learning 3 22.22% 16.67% 11.11% 16.67% 16.67% 11.11% 5.56% 100 %
Field Study 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Teaching Problems Regional BSI 2 14.29% 42.86% 28.57% 14.29% 100 %
Applied Linguistics 3 33.33% 22.22% 33.33% 11.11% 99.99 %
Research Proposal 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Latest Journal Article Analysis 3 25% 25% 25% 25% 100 %
These 6 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 15.38% 23.08% 7.69% 99.98 %
Design Of Language And Literature Pedagogy 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Assessment For Language Literature Pedagogy 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pragmastylistics 2 17.65% 17.65% 23.53% 17.65% 23.53% 100 %
Thesis 6 7.14% 7.14% 28.57% 28.57% 28.57% 99.99 %
Publications 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Research Methodology in Language and Literature Education 3 20% 40% 20% 20% 100 %
Pop Culture Studies 2 25% 12.5% 25% 12.5% 25% 100 %
Applied Linguistics 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Latest Literary Language Learning 3 50% 50% 100 %
Assessment of Literary Language Learning Literary 2 25% 50% 25% 100 %
Language Education Curriculum 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Literature In Language Education 3 42.86% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
Language and Literature Learning Design 3 25% 25% 25% 25% 100 %
my Academic Community No Nihongo 2 50% 50% 100 %
Nihongogaku 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Semiotics 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Critical Discourse Analysis 2 100% 100 %
Second 2 15% 15% 15% 20% 15% 20% 100 %
Sociolinguistics Indonesia Regional 2 11.11% 11.11% 11.11% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Literary Criticism 3 25% 25% 25% 18.75% 6.25% 100 %
Thesis 6 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Shuushi Ronbun 6 25% 25% 25% 25% 100 %
Thesis 8 6.25% 6.25% 12.5% 6.25% 12.5% 12.5% 12.5% 18.75% 6.25% 6.25% 100 %
Thesis 8 6.67% 6.67% 13.33% 6.67% 13.33% 6.67% 13.33% 13.33% 13.33% 6.67% 100 %
Internship I 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Field Study 4 20% 40% 20% 20% 100 %
Research Proposal 3 37.5% 37.5% 25% 100 %
Publication 4 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 28.57% 14.29% 100 %
Thesis 7 8.33% 41.67% 25% 25% 100 %
Research Instrument Development 2 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
  1. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),
  2. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk Pendidikan Tinggi
  3. Permenristidikti Nomor 44 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti)
  4. Permen Dikbud nomer 3 tahun 2020 tentang SNDikti dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pembelajaran
  5. Pedoman Akademik Pascasarjana Unesa Tahun 2020/2021
  6. Standar Mutu Program Magister Unesa
  7. Pedoman Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum
  8. Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi
  9. SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk akademik, administrasi, penjaminan mutu, dan lainnya.