CPL-5 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra
CPL-6 Menguasai konsep teoretis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus, dan manajemen kewirausahaan di bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPL-8 Mampu mengimplementasikan keterampilan berbahasa Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja
CPL-9 Mampu menerapkan kaidah penelitian pada bidang pembelajaran bahasa dan sastra, linguistik, dan kesusastraan
CPMK
CPMK-1 Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar pragmatik (deiksis, praanggapan, entailment, implikatur, inferensi, tindak tutur, peristiwa tutur) secara logis dan sistematis serta membedakannya dengan cabang linguistik lain
CPMK-2 Mampu menganalisis fenomena bahasa dengan menggunakan prinsip-prinsip pragmatik (kesantunan, konteks, relevance theory, inferensi) untuk memahami makna tersirat dalam komunikasi sehari-hari maupun digital
CPMK-3 Mampu menginterpretasi dan mengevaluasi praktik bahasa dalam berbagai ranah (interkultural, gender, humor, wacana politik, komunikasi daring, multimodal) dengan menginternalisasikan norma, etika akademik, serta nilai keindonesiaan
CPMK-4 Mampu mengaplikasikan teori dan metode penelitian pragmatik (observasi, analisis wacana, korpus digital, eksperimen) untuk merancang kajian akademik, termasuk sebagai dasar dalam penulisan skripsi di bidang bahasa
CPMK-5 Mampu mendiskusikan, mempresentasikan, dan mengkritisi isu-isu mutakhir dalam pragmatik (experimental pragmatics, pragmatics & AI, eco-pragmatics) secara kolaboratif, kreatif, dan reflektif dengan semangat tanggung jawab akademik dan profesional