Mata kuliah Pengelolaan Taman Kanak-Kanak dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar manajemen pendirian lembaga TK, manajemen peserta didik, manajemen input kurikulum, staf, pembiayaan, sarana prasarana, manajemen pembelajaran, manajemen hasil, keluaran dan lulusan, manajemen pengawasan dan pemasaran. Mata kuliah ini menggunakan model case study untuk memecahkan permasalahan pengelolaan lembaga TK. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan ceramah, case study, PBL dan group discussion. Mata kuliah ini dirancang secara cermat untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang seluruh aspek manajemen yang esensial dalam pendirian dan operasionalisasi sebuah lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) yang efektif dan berkualitas, tidak hanya menyentuh permukaan, melainkan menggali inti dari setiap komponen manajemen TK. Untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan kemampuan aplikatif, mata kuliah ini menggunakan model studi kasus (case study) sebagai tulang punggung pembelajaran. Melalui studi kasus, mahasiswa akan dihadapkan pada berbagai permasalahan riil dan kompleks yang sering dihadapi dalam pengelolaan lembaga TK. Mereka akan diajak menganalisis situasi, mengidentifikasi akar masalah, merumuskan berbagai alternatif solusi, dan pada akhirnya, mengambil keputusan yang paling tepat. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah mahasiswa.