CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu membangun kerangka teoretik secara komprehensif melalui penguasaan metodologi penelitian pendidikan seni atau karya seni terapan yang berbasis modal budaya Nusantara
CPL-8 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pengukuran, evaluasi, validitas, dan reliabilitas dalam konteks penelitian dan pengembangan instrumen Menjelaskan perbedaan antara pengukuran, evaluasi, dan penilaian Menguraikan jenis-jenis validitas (konten, konstruk, kriteria) dan reliabilitas (internal, eksternal)
CPMK-2 Mahasiswa mampu merancang instrumen penelitian yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik variabel yang diteliti Menyusun kisi-kisi instrumen berdasarkan indikator Menentukan bentuk item (tes/non-tes) yang sesuai dengan karakteristik variabel
CPMK-3 Mahasiswa mampu melakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan teknik statistik dasar dan perangkat lunak analisis data Menggunakan uji validitas isi dan validitas empiris (korelasi item-total, CFA) Melakukan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha atau metode lain yang relevan
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai Menginput data menggunakan perangkat lunak (SPSS, Excel, NVivo, dll.) Melakukan analisis deskriptif dan inferensial sesuai dengan desain penelitian
CPMK-5 Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil analisis data serta menyusun laporan hasil pengembangan instrumen secara sistematis dan ilmiah Menyajikan hasil dalam bentuk grafik/tabel Menyusun simpulan dan saran berbasis data yang telah dianalisis
CPMK-6 Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kritis, teliti, dan etis dalam proses analisis data dan pengembangan instrumen penelitian Menerapkan prinsip kejujuran akademik dan objektivitas Menunjukkan tanggung jawab terhadap kualitas dan keakuratan instrumen