•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Tanggal Berdiri  :  12 Januari 2011
Koordinator Program Studi  :  Miftachul Amri, S.Pd., M.Pd., M.Ed., Ph.D.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin yang unggul berbasis edupreneurship dan berwawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa Mandarin yang bermanfaat, bermutu, inovatif, kolaboratif, dan edupreneurship.
  2. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Mandarin konteks kolaboratif nasional dan internasional.
  3. Menerapkan/mengintegrasikan hasil penelitian dan mengembangkan bidang Pendidikan Bahasa Mandarin untuk dunia usaha/dunia industri dan masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama skala nasional dan internasional, baik konteks pendidikan dan dunia usaha/dunia industri.

Tujuan
  1. Dihasilkannya sarjana Pendidikan Mahasa Mandarin yang kompetitif, kreatif, im adaptif, unggul, kolaboratif, dan berkarakter mulia;
  2. Dihasilkannya penerjemah Bahasa Mandarin;
  3. Dihasilkannya lulusan yang kreatif dan produktif untuk menciptakan lapangar sendiri yang relevan dengan bidang Bahasa Mandarin.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
Asesmen Proses Dan Hasil BelajarBahasa InggrisBahasa Mandarin KomprehensifBahasa Mandarin Komprehensif MahirBahasa Mandarin Komprehensif PemulaBahasa Mandarin MenulisBahasa Mandarin Menulis DasarBahasa Mandarin MenyimakBahasa Mandarin Menyimak DasarBm Berbicara Dasar IiBm Komprehensif LanjutBm Komprehensif MahirBm Membaca Dasar IBm Membaca MahirBm Menulis 1Bm Menulis Dasar IiBm ModernBudaya ChinaEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat BahasaHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)KewirausahaanKuliah Kerja Nyata (Kkn)Kurikulum SekolahLinguistik KomparatifLinguistik UmumMagang Praktik Lapangan Persekolahan (Plp)Menulis KreatifMetode PenelitianMetodologi PenelitianMetodologi Penelitian PendidikanMicroteachingPenerjemahan Bahasa MandarinPengantar LinguistikPengembangan Bahan AjarPengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)Penulisan ProposalPerencanaan PembelajaranPsikolinguistikSastra China KontemporerSeminarSosiolinguistikSosiologi SastraStatistikStilistikaStrategi Belajar Mengajar Bahasa MandarinTelaah KurikulumTeori BelajarTeori Dan Apresiasi Sastra China4032241680Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Asesmen Proses Dan Hasil BelajarBahasa InggrisBahasa Mandarin Komprehensif MenengahBahasa Mandarin Menulis DasarBahasa Mandarin Menyimak DasarBm Menulis DasarBm Menyimak MahirEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat ChinaFilsafat PendidikanLinguistik UmumMagang Praktik Lapangan Persekolahan (Plp)Media Pembelajaran BmMetode PenelitianMetodologi PenelitianMetodologi Penelitian PendidikanPengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)Sastra Dan Film ChinaSastra RakyatSejarah CinaSejarah Sastra ChinaSinologiSosiolinguistikSosiologi SastraStatistikTelaah Kurikulum6050403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
Asesmen Proses Dan Hasil BelajarBahasa InggrisBahasa Mandarin KomprehensifBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin Komprehensif MahirBahasa Mandarin MenulisBahasa Mandarin Menulis DasarBahasa Mandarin Menyimak DasarBm Berbicara DasarBm Membaca MahirBm Menulis 1Bm Menyimak MahirFilsafat BahasaFilsafat ChinaFilsafat IlmuHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)Kuliah Kerja Nyata (Kkn)Kurikulum SekolahMagang Praktik Lapangan Persekolahan (Plp)Metode PenelitianMetodologi PenelitianMetodologi Penelitian PendidikanMicroteachingPengantar LinguistikPengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)SeminarSkripsiSosiologi SastraStatistikTelaah KurikulumTeori BelajarTeori Dan Apresiasi Sastra China1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-5 Mampu menguasai konsep dasar kebahasaan bahasa Mandarin mencakup pelafalan, kosakata, tata bahasa, makna kata dan kalimat
Dibebankan pada matakuliah:
Apresiasi Sastra ChinaBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin Komprehensif MahirBahasa Mandarin Komprehensif MenengahBahasa Mandarin Komprehensif PemulaBahasa Mandarin MembacaBahasa Mandarin Membaca DasarBahasa Mandarin Menulis DasarBahasa Mandarin Menyimak DasarBm Berbicara DasarBm Berbicara Dasar IBm Berbicara Dasar IiBm Berbicara LanjutBm Berbicara MahirBm Berbicara MenengahBm Komprehensif LanjutBm Komprehensif MahirBm Membaca Dasar IBm Menulis 1Bm Menulis DasarBm Menulis Dasar IiBm Menulis LanjutBm Menulis MahirBm Menulis MenengahBm Menyimak DasarBm ModernBudaya ChinaDasar KependidikanKewirausahaanLinguistik UmumMedia Pembelajaran BmMenulis KreatifMetodologi PenelitianMetodologi Penelitian PendidikanPenerjemahan Bahasa MandarinPengembangan Bahan AjarPengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)Penulisan ProposalPerencanaan PembelajaranPsikolinguistikPsikologi SastraSastra China KontemporerSastra Dan Film ChinaSejarah CinaSejarah Sastra ChinaSinologiSkripsiSosiologi SastraStatistikStrategi Belajar Mengajar Bahasa MandarinTelaah KurikulumTeori Belajar1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-6 Mampu menguasai konsep dasar pedagogi pendidikan bahasa Mandarin mencakup konsep teoritis tentang perencanaan pembelajaran, strategi belajar mengajar, media pembelajaran, penilaian pembelajaran
Bahasa Mandarin Komprehensif DasarBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin Komprehensif MahirBm Menulis 1Dasar KependidikanEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat ChinaFilsafat PendidikanHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)Kurikulum SekolahLinguistik KomparatifMicroteachingSeminarSkripsiStatistikStilistikaTelaah KurikulumTeori Dan Apresiasi Sastra China50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-7 Mampu menyimak dan membaca (reseptif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah
Bahasa Mandarin KomprehensifBahasa Mandarin Komprehensif DasarBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin Komprehensif MenengahBahasa Mandarin MembacaBahasa Mandarin MenulisBahasa Mandarin MenyimakBahasa Mandarin Menyimak DasarBm Berbicara Dasar IBm Komprehensif DasarBm Menyimak LanjutBm Menyimak MahirFilsafat BahasaHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)Kuliah Kerja Nyata (Kkn)Metodologi PenelitianPengantar LinguistikPengembangan Bahan AjarPerencanaan PembelajaranSejarah CinaSejarah Sastra ChinaStatistikTeori Belajar50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-8 Mampu berbicara dan menulis (produktif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah
Dibebankan pada matakuliah:
Analisis Kesalahan BerbahasaAnalisis WacanaAnalisis Wacana Dan PragmatikApresiasi Sastra ChinaBahasa Mandarin BisnisBahasa Mandarin Komprehensif DasarBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin Komprehensif MahirBahasa Mandarin Komprehensif MenengahBahasa Mandarin Komprehensif PemulaBahasa Mandarin Menulis DasarBahasa Mandarin PariwisataBm Berbicara LanjutBm Berbicara MahirBm Berbicara MenengahBm Komprehensif DasarBm Komprehensif LanjutBm Komprehensif MahirBm Komprehensif MenengahBm Membaca DasarBm Membaca Dasar IBm Membaca Dasar IiBm Membaca LanjutBm Membaca MahirBm Membaca MenengahBm Menulis 1Bm Menulis DasarBm Menulis Dasar IiBm Menulis LanjutBm Menulis MahirBm Menyimak DasarBm Menyimak MenengahBm ModernBudaya ChinaEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat ChinaHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran MikroKewirausahaanKuliah Kerja Nyata (Kkn)Media Pembelajaran BmMenulis KreatifMicroteachingPembelajaran Bahasa Mandarin Untuk AnakPenerjemahan Bahasa MandarinPengembangan Bahan AjarPenulisan ProposalPerbandingan Budaya China Dan Budaya IndonesiaPsikolinguistikSastra China KontemporerStatistikStrategi Belajar Mengajar Bahasa MandarinTelaah KurikulumTeori BelajarTeori Dan Apresiasi Sastra China1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-9 Mampu merancang, mengimplementasikan, dan menilai pembelajaran inovatif bahasa Mandarin
Bahasa Mandarin KomprehensifBahasa Mandarin Komprehensif LanjutBahasa Mandarin MembacaBahasa Mandarin MenulisBahasa Mandarin Menulis DasarBm Berbicara Dasar IBm Berbicara Dasar IiBm Berbicara MahirBm Menyimak LanjutBm Menyimak MahirDasar KependidikanFilsafat PendidikanKuliah Kerja Nyata (Kkn)Linguistik KomparatifMedia Pembelajaran BmMetodologi PenelitianMicroteachingPengantar LinguistikPengenalan Lapangan Persekolahan (Plp)Sastra Dan Film ChinaSinologiSkripsiStatistikTelaah Kurikulum50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-10 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan penelitian dalam pembelajaran dan bahasa Mandarin dan atau sastra Tionghoa
Dibebankan pada matakuliah:
Analisis Kesalahan BerbahasaAsesmen Proses Dan Hasil BelajarBahasa Mandarin Komprehensif MahirBahasa Mandarin Komprehensif MenengahBahasa Mandarin Menulis DasarBm Berbicara LanjutBm Berbicara MenengahBm Membaca DasarBm Membaca Dasar IiBm Membaca MenengahDasar KependidikanEvaluasi Belajar Dan PembelajaranFilsafat ChinaHanyu Shuiping Kaoshi (Hsk)KewirausahaanMedia Pembelajaran BmMicroteachingPenerjemahan Bahasa MandarinPengembangan Bahan AjarSastra China KontemporerSastra RakyatSejarah CinaSejarah Sastra ChinaSeminarSinologiSkripsiStatistikStilistikaStrategi Belajar Mengajar Bahasa MandarinTelaah KurikulumTeori BelajarTeori Dan Apresiasi Sastra China50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

CPL-11 Mampu menyusun layanan jasa business plan (Edupreneurship) dan produk kreatif bidang bahasa Mandarin, serta pembelajaran Bahasa Mandarin
Dibebankan pada matakuliah:
Bahasa Mandarin MenulisBahasa Mandarin MenyimakBm Menyimak MenengahBudaya ChinaFilsafat IlmuMicroteachingPengembangan Bahan AjarStatistik50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya
  • PROFIL UTAMA dan TAMBAHAN Lulusan S1 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

    • Calon pendidik profesional di Pendidikan Bahasa Mandarin bidang  edupreneurship yang kompeten, adaptif, kolaboratif, kreatif, inovatif, dan berwawasan global

    • Calon penerjemah Bahasa Mandarin, edupreneurship, dan wiraswasta yang kompeten, adaptif, kolaboratif, kreatif, inovatif, dan berwawasan global


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Mandarin 2015/2016

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8820803068 LANDASAN KEPENDIDIKAN 3.00
8820802081 PENGANTAR KEBUDAYAAN CINA 2.00
8820802039 BM MENULIS HURUF MANDARIN 2.00
8820806009 BM KOMPREHENSIF 1 6.00
8820802007 BAHASA INGGRIS 1 2.00
8820803113 TEORI DAN APRESIASI SASTRA CINA 3.00
8820802057 BM PERCAKAPAN DAN PENDENGARAN 1 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
1000002010 ILMU ALAMIAH DASAR (IAD) 2.00
8820804058 BM PERCAKAPAN DAN PENDENGARAN 2 4.00
8820804010 BM KOMPREHENSIF 2 4.00
8820802129 MEDIA PEMBELAJARAN BM 2.00
8820802028 BM MEMBACA EKSTENSIF 1 2.00
8820802127 PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAH RAGA 2.00
8820802008 BAHASA INGGRIS 2 2.00
8820802096 SEJARAH DAN FILSAFAT CHINA 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00
8820803059 BM PERCAKAPAN DAN PENDENGARAN 3 3.00
8820803017 BM KOMPREHENSIF 3 3.00
8820803103 APLIKASI KOMPUTER DAN STASTISTIKA 3.00
8820826101 TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS BM 2.00
8820802035 BM MENULIS 1 2.00
8820802029 BM MEMBACA EKSTENSIF 2 2.00
8820802069 LINGUISTIK UMUM 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820804061 BM PERCAKAPAN DAN PENDENGARAN 4 4.00
8820802083 PENGEMBANGAN BUKU TEKS BM 2.00
8820802049 BM MODERN DASAR (FONOLOGI DAN MORFOLOGI) 2.00
8820803036 BM MENULIS 2 3.00
8820803018 BM KOMPREHENSIF 4 3.00
8820804062 BM STRATEGI PEMBELAJARAN 4.00
8820802030 BM MEMBACA EKSTENSIF 3 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820802055 BM PERCAKAPAN 1 2.00
8820802011 BAHASA MANDARIN MODERN 2 (SINTA&SEMAN) 2.00
8820804074 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 4.00
8820803020 BM KOMPREHENSIF 5 3.00
8820802071 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
8820802097 SEJARAH SASTRA CHINA 2.00
8820802051 BM PENDENGARAN 1 2.00
8820802086 PERENCANAAN PEMBEL,BAHASA MANDARIN 2.00
8820802054 BM MENULIS PRAKTIS 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820802101 SOSIOLINGUISTIK 2.00
8820803021 BM KOMPREHENSIF 6 3.00
8820802001 ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA 2.00
8820802056 BM PERCAKAPAN 2 2.00
8820802052 BM PENDENGARAN 2 2.00
8820802065 EVALUASI PEMBELAJARAN BM 2.00
8820803122 PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820803075 METOD.PENEL.BHS DAN SASTRA CINA 3.00
8820802022 BM KOMPREHENSIF 7 2.00
8820802079 PENERJEMAHAN 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820806100 SKRIPSI 6.00
8820802067 HANYU SHUIPING KAOSHI (HSK) 2.00
8820802099 SINOLOGI 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum:

Definisi: Evaluasi kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah proses sistematis untuk mengevaluasi dan mengukur efektivitas suatu program kurikulum di Prodi.

Tujuan: Untuk memastikan bahwa kurikulum dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, memenuhi kebutuhan peserta didik, dan sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Mandarin.

Metode: Melibatkan pengumpulan data tentang desain kurikulum, implementasinya di kelas, serta dampaknya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran di Prodi Mandarin.

Hasil: Evaluasi kurikulum dapat menghasilkan rekomendasi perbaikan, perubahan desain, atau penyesuaian dalam metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Tracer Study:

Definisi: Tracer study Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah metode penelitian yang dilakukan untuk melacak jejak alumni setelah mereka menyelesaikan pendidikan, biasanya dengan mengumpulkan data tentang pekerjaan, karir, atau kehidupan pribadi mereka.

Tujuan: Untuk menilai sejauh mana program pendidikan mencapai tujuan pembentukan tenaga kerja yang berkualitas, memberikan wawasan tentang kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri, serta membantu institusi dalam perbaikan dan pengembangan program pendidikan.

Metode: Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (bila diperlukan), survei, atau penggunaan sumber informasi lainnya untuk melacak dan menganalisis jalur karir alumni.

Hasil: Tracer study yang telah dilakukan di Prodi dapat memberikan gambaran tentang efektivitas kurikulum dalam mempersiapkan lulusan untuk masuk ke dunia kerja, serta memberikan umpan balik yang berguna bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas program di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, untuk hasil tahun 2023 diperoleh hasil Gold standar di atas 60%

Evaluasi kurikulum dan Tracer Study merupakan alat yang penting dalam memastikan bahwa pendidikan yang diberikan oleh suatu institusi mencapai tujuan yang diinginkan dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. Evaluasi kurikulum fokus pada aspek desain dan implementasi kurikulum, sementara tracer study memberikan pemahaman tentang dampaknya terhadap kehidupan nyata dan karir para lulusan

 

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
BM Membaca Mahir 2 25% 50% 25% 100 %
Bm Menyimak Lanjut 2 50% 50% 100 %
BM Menulis Mahir 2 50% 50% 100 %
BM Menulis Lanjut 2 50% 50% 100 %
Bm Menyimak Menengah 2 50% 50% 100 %
Bm Berbicara Dasar 2 50% 50% 100 %
BM Membaca Lanjut 2 100% 100 %
BM Menulis Menengah 2 100% 100 %
BM Menyimak Mahir 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Sinologi 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Psikolinguistik 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BM Komprehensif Dasar 4 50% 50% 100 %
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 4 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
BM Modern 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Stilistika 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bahasa Mandarin Membaca Dasar 4 75% 25% 100 %
BM Komprehensif Lanjut 4 50% 50% 100 %
Pengembangan Bahan Ajar 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Apresiasi Sastra China 4 50% 50% 100 %
Seminar 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Menengah 4 25% 50% 25% 100 %
Bahasa Mandarin Menulis Dasar 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Lanjut 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Menulis Kreatif 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bm Berbicara Menengah 2 100% 100 %
Linguistik Komparatif 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Anak 2 100% 100 %
Metode Penelitian 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Penerjemahan Bahasa Mandarin 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Wacana 2 100% 100 %
Perbandingan Budaya China dan budaya Indonesia 2 100% 100 %
Sastra China Kontemporer 2 20% 40% 20% 20% 100 %
Bm Membaca Menengah 2 50% 50% 100 %
Filsafat China 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Filsafat Bahasa 2 25% 25% 50% 100 %
BM Berbicara Mahir 2 50% 50% 100 %
Microteaching 2 8.33% 25% 8.33% 25% 8.33% 16.67% 8.33% 99.99 %
Bm Menyimak Dasar 2 50% 50% 100 %
Skripsi 6 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Pengantar Linguistik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Psikologi Sastra 2 100% 100 %
Bm Komprehensif Dasar 6 100% 100 %
Sosiolinguistik 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Sejarah Cina 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
KURIKULUM SEKOLAH 2 25% 50% 25% 100 %
BAHASA MANDARIN BISNIS 2 100% 100 %
Bahasa Mandarin Pariwisata 2 100% 100 %
Teori Belajar 2 25% 25% 25% 25% 100 %
BM Berbicara Lanjut 2 50% 50% 100 %
Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 3 18.18% 18.18% 27.27% 9.09% 9.09% 18.18% 99.99 %
Sosiologi Sastra 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Teori Belajar 3 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Asesmen Proses dan Hasil Belajar 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Metodologi Penelitian 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Telaah Kurikulum 3 8.33% 8.33% 16.67% 8.33% 8.33% 16.67% 8.33% 8.33% 16.67% 99.99 %
Bm Komprehensif Menengah 6 100% 100 %
Analisis Kesalahan Berbahasa 2 50% 50% 100 %
Bm Menulis Dasar 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BM Berbicara Menengah 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BM Berbicara Mahir 3 50% 50% 100 %
Bm Membaca Dasar 2 50% 50% 100 %
Sastra dan Film China 2 50% 25% 25% 100 %
Sejarah Sastra China 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Analisis Wacana dan Pragmatik 2 100% 100 %
BM Membaca Dasar II 2 50% 50% 100 %
BM Berbicara Lanjut 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
TEORI DAN APRESIASI SASTRA CHINA 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
BM BERBICARA DASAR II 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BUDAYA CHINA 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Media Pembelajaran BM 2 16.67% 8.33% 25% 16.67% 25% 8.33% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Bm Menulis 1 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
BM Komprehensif Mahir 6 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
BM BERBICARA DASAR I 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bahasa Inggris 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Sastra Rakyat 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
FILSAFAT PENDIDIKAN 2 25% 50% 25% 100 %
Bm Komprehensif Lanjut 6 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Filsafat Ilmu 2 50% 50% 100 %
Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
BM Membaca Dasar I 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Linguistik Umum 2 22.22% 55.56% 22.22% 100 %
Kewirausahaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
BM MENULIS DASAR II 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Perencanaan Pembelajaran 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Strategi Belajar Mengajar Bahasa Mandarin 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Statistik 2 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Magang Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) 20 25% 25% 25% 25% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 33.33% 25% 16.67% 16.67% 8.33% 100 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Dasar 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Penulisan Proposal 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Lanjut 3 100% 100 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Menengah 3 11.11% 33.33% 22.22% 33.33% 99.99 %
Bahasa Mandarin Menyimak 4 25% 25% 25% 25% 100 %
Bahasa Mandarin Komprehensif 4 20% 40% 20% 20% 100 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Pemula 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Bahasa Mandarin Membaca 4 50% 16.67% 33.33% 100 %
Metodologi Penelitian 3 25% 37.5% 12.5% 25% 100 %
Bahasa Mandarin Menulis 4 22.22% 11.11% 33.33% 11.11% 22.22% 99.99 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2 100% 100 %
Dasar Kependidikan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Bahasa Mandarin Menulis Dasar 3 11.11% 22.22% 22.22% 22.22% 22.22% 99.99 %
Bahasa Mandarin Komprehensif Mahir 4 100% 100 %
Bahasa Mandarin Menyimak Dasar 2 21.05% 21.05% 15.79% 21.05% 21.05% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Universitas Negeri Surabaya

            Landasan perancangan dan pengembangan kurikulum merujuk pada dasar-dasar atau prinsip-prinsip yang menjadi pijakan dalam merancang dan mengembangkan suatu kurikulum pendidikan. Berikut adalah deskripsi mengenai landasan perancangan dan pengembangan kurikulum:

Tujuan Pendidikan:

. Landasan kurikulum harus didasarkan pada tujuan pendidikan nasional atau lokal. Tujuan ini mencakup aspek pengembangan kepribadian, keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai moral peserta didik.

Kebutuhan dan Tantangan Masyarakat:

. Kurikulum perlu merespons kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Ini termasuk mengakomodasi perkembangan teknologi, perubahan ekonomi, dan tuntutan pasar kerja.

Standar Pendidikan:

. Mengacu pada standar pendidikan nasional atau internasional yang menggambarkan kompetensi dan pengetahuan minimal yang diharapkan dari peserta didik di berbagai tingkatan pendidikan.

Prinsip Pembelajaran:

. Menetapkan prinsip-prinsip pedagogis yang mengakomodasi keberagaman peserta didik, mendorong kreativitas, dan memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif.

Karakteristik Peserta Didik:

. Mempertimbangkan karakteristik, kebutuhan, dan potensi peserta didik, termasuk gaya belajar, minat, dan latar belakang budaya.

Pengembangan Keterampilan:

. Menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital.

Kerangka Kurikulum:

. Menyusun kerangka kurikulum yang menyeluruh, termasuk struktur mata pelajaran, urutan pembelajaran, dan integrasi antarbidang studi.

Penilaian dan Evaluasi:

. Merancang strategi penilaian dan evaluasi yang sesuai untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran, termasuk penggunaan metode formatif dan sumatif (UTS dan UAS).

Pengembangan Profesional Dosen:

. Memberikan landasan untuk pengembangan profesional dosen, termasuk pelatihan dan dukungan yang diperlukan untuk mengimplementasikan kurikulum dengan efektif.

Partisipasi Stakeholder:

. Melibatkan stakeholders, seperti orangtua, industri, dan masyarakat, dalam proses perancangan dan pengembangan kurikulum untuk memastikan relevansi dan dukungan.

                 Landasan perancangan dan pengembangan kurikulum merupakan fondasi yang penting untuk memastikan bahwa kurikulum dapat menghasilkan pendidikan berkualitas yang responsif terhadap perkembangan masyarakat dan kebutuhan peserta didik.