•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Unesa

 
Program Studi  :  S3 Ilmu Keolahragaan
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 2001
Koordinator Program Studi  :  Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi pusat pengembangan ilmu keolahragaan terkemuka di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2035, dengan fokus pada analisis performa olahraga berbasis pendekatan ilmiah, teknologi, dan riset multidisipliner, melalui inovasi dan kolaborasi global yang berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia profesional dalam bidang olahraga
Misi
  1. Mengembangkan penelitian inovatif dalam ilmu keolahragaan yang berfokus pada analisis performa olahraga, teknologi olahraga, serta pendekatan multidisipliner untuk memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya di dunia olahraga.
  2. Menyediakan pendidikan berbasis riset dan teknologi, yang membekali mahasiswa dengan kemampuan analitis, kritis, dan kreatif dalam memecahkan masalah-masalah olahraga melalui pendekatan ilmiah.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat, dengan menerapkan hasil-hasil penelitian dalam program pengembangan olahraga yang bermanfaat bagi masyarakat luas, serta memperkuat peran pendidikan olahraga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Mengembangkan kolaborasi internasional dengan universitas, lembaga riset, dan organisasi olahraga di tingkat global untuk memperluas cakupan penelitian dan pengembangan ilmu olahraga yang relevan secara internasional.
  5. Menjadi pusat pengembangan kompetensi profesi olahraga melalui pelatihan, sertifikasi, dan penyebaran hasil riset yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan sumber daya manusia di bidang olahraga.

Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian ilmiah dalam bidang ilmu keolahragaan yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga.
  2. Membekali mahasiswa dengan keterampilan analitis dan penelitian yang mendalam, agar mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan dalam dunia olahraga secara ilmiah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman multidisipliner dalam ilmu keolahragaan, serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan tren terbaru dalam dunia olahraga.
  4. Meningkatkan kapasitas pengajaran dan pembelajaran melalui pengembangan materi kurikulum berbasis riset dan penerapan teknologi dalam analisis performa atlet.
  5. Memperkuat peran prodi sebagai pusat keunggulan olahraga dengan menciptakan jaringan kerjasama internasional yang memperluas peluang riset dan publikasi di jurnal terkemuka.
  6. Mendorong lulusan untuk menjadi pemimpin di bidang keolahragaan yang dapat mengimplementasikan temuan ilmiah dalam kebijakan dan praktik olahraga profesional di tingkat nasional dan internasional.
  7. Mendorong lulusan untuk menjadi pemimpin di bidang keolahragaan yang dapat mengimplementasikan temuan ilmiah dalam kebijakan dan praktik olahraga profesional di tingkat nasional dan internasional.

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah):
  2. 1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  3. 2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. 3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. 4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. 5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. 6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. 7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
  9. 8. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. 10. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  11. 11. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang ilmu keolahragaan secara profesional

CPL-6 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dalam bidang ilmu keolahragaan secara mandiri (S2) (PLO-2)

CPL-7 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

CPL-8 Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi

CPL-9 Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya dalam bidang ilmu keolahragaan pada sasaran yang lebih luas (KU3) (PLO-9)

CPL-10 Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10)

CPL-11 Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based).

CPL-12 Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan

CPL-13 Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

CPL-14 Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan.

CPL-15 Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam ilmu keolahragaan pada forum akademik dan publik

Profil Lulusan Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya
  • Menghasilkan Ahli Ilmu Olahraga dengan Pemahaman Mendalam, Inovatif, dan Berbasis Penelitian

    Lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menginterpretasikan pengetahuan baru terkait praktik profesional dalam Ilmu Olahraga dan Latihan. Mereka harus memahami isu-isu terkini, tren global, dan inovasi dalam metodologi penelitian terapan, serta mampu memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan analitis dan praktis

  • Mengintegrasikan Penelitian yang Etis dan Inovatif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Olahraga

    Lulusan diharapkan untuk mengembangkan dan menerapkan penelitian yang etis dan inovatif dalam bidang praktik profesional pilihan mereka. Mereka harus mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan dan menerapkan penelitian yang relevan dengan nilai-nilai etika dan profesionalisme.

  • Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan, Kolaborasi, dan Kemampuan Multikultural

    Lulusan diharapkan menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang kuat dan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam lingkungan multikultural. Mereka harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, memimpin proyek-proyek inovatif, dan menciptakan perubahan positif dalam diri mereka sendiri dan orang lain.

  • Berkomitmen pada Pembelajaran Seumur Hidup dan Pengembangan Profesional

    Lulusan diharapkan mendukung diri mereka sendiri dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan pribadi dan profesional. Mereka harus memiliki komitmen terhadap pembelajaran sepanjang hayat, manajemen informasi yang efektif, dan mengembangkan potensi mereka untuk menciptakan perubahan positif bagi diri sendiri dan orang lain.


Struktur Kurikulum S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Prodi S3 Ilmu Keolahragaan

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900102072 ANALISIS TES DAN PENGUKURAN OLAHRAGA 2.00
8900102003 BIOPSIKOLOGI 2.00
8900103066 METODE PENELITIAN KUANTITATIF LANJUT 3.00
8900102057 FILSAFAT ILMU KEOLAHRAGAAN 2.00
8900104068 METODE PENELITIAN KUALITATIF LANJUT 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900102058 STATISTIK UNTUK ILMU KEOLAHRAGAAN 2.00
8900102070 ANALISIS BIOMEKANIKA OLAHRAGA 2.00
8900102075 ANALISIS METODOLOGI KEPELATIHAN OLAHRAGA 2.00
8900102069 ANALISIS FISIOLOGI OLAHRAGA 2.00
8900102073 ANALISIS PSIKOLOGI OLAHRAGA 2.00
8900102074 ANALISIS PEDAGOGI OLAHRAGA 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900102087 ANALISIS BELAJAR MOTORIK 2.00
8900102085 ANALISIS SOSIOLOGI OLAHRAGA 2.00
8900102059 ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUKTAKHIR 2.00
8900103049 PROPOSAL PENELITIAN 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900110050 SEMINAR HASIL PENELITIAN 5.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900109007 DISERTASI 9.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8900105052 PUBLIKASI 5.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya

Paradigma: Kepemimpinan Riset dan Inovasi Global dalam Ilmu Keolahragaan

  • Penelitian Lanjutan dalam Ilmu Keolahragaan Berbasis Teknologi Canggih: perkembangan olahraga baik untuk kesehatan, kebugaran dan peningkatan performa atlet sudah memadukan SDM dan teknologi. Teknologi disini dikembangkan dan digunakan sebagai bagian dalam memperkuat hasil analisis, penentuan Keputusan, monitoring, evaluasi dan aplikasi yang tepat dalam penyusunan program olahraga untuk kelompok Masyarakat. Selanjutnya penerapan teknologi seperti AI dalam analisis biomekanika gerak, analisis genetic, serta otomatisasi monitoring akan memberikan kemudahan dan daya analisis yang sangat optimal dalam berbagai permasalahan dibidang olahraga. 
  • Olahraga Berkelanjutan (Sustainability in Sport): Perubahan gaya hidup Masyarakat hingga kebutuhan peningkatan performa mengharuskan penyusunan program olahraga dan pengembangan olahraga yang menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat dan atlet. Sehingga olahraga mampu memberikan dampak yang optimal dalam mendukung aktivitas Masyarakat dan Atlet.
  • Riset Translasi (Translational Research): Penekanan pada penerjemahan hasil riset laboratorium menjadi aplikasi nyata yang dapat diterapkan dalam latihan atlet, rehabilitasi cedera, dan pengelolaan kesehatan masyarakat. Program ini menekankan dampak luas dari penelitian ilmiah terhadap kebijakan publik, industri olahraga, dan pengembangan komunitas.
  • Kepemimpinan Akademik dan Profesional: Mahasiswa S-3 diharapkan menjadi pemimpin di bidangnya, tidak hanya dalam hal riset, tetapi juga dalam pengembangan kebijakan olahraga nasional dan internasional. Penguatan jejaring dan kolaborasi internasional menjadi kunci.
  • Multidisiplin dan Kolaboratif Global: Doktoral dalam ilmu keolahragaan harus mengembangkan kerja sama riset lintas negara dan lintas disiplin, seperti antara ilmu olahraga, bioteknologi, kedokteran olahraga, dan neurofisiologi untuk memecahkan masalah-masalah kompleks di bidang olahraga dan kesehatan global.
  • Mengacu pada Standar AECT terbaru tahun 2012, yang mencakup lima aspek utama yaitu pengetahuan konten, pedagogi konten, lingkungan belajar, pengetahuan dan keterampilan profesional, serta penelitian. Menyelaraskan dengan tuntutan kurikulum 2013, terutama terkait dengan keterampilan abad 21 yang dikenal sebagai 4C, yakni Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, Kreativitas, Kemampuan Komunikasi, dan Kemampuan Bekerja Sama. Selain itu, menyesuaikan dengan konteks kehidupan dalam era Revolusi Industri 4.0, di mana seluruh komponen dapat berkomunikasi secara real-time kapan saja dengan memanfaatkan teknologi internet dan CPS untuk menciptakan nilai baru.
Rekap CPL Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13CPL14CPL15
Biopsikologi 2 50% 50% 100 %
Analisis Fisiologi Olahraga 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Analisis Biomekanika Olahraga 2 40% 40% 20% 100 %
Analisis Tes Dan Pengukuran Olahraga 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Psikologi Olahraga 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Metodologi Kepelatihan Olahraga 2 50% 50% 100 %
Analisis Pedagogi Olahraga 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Analisis Sosiologi Olahraga 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Analisis Belajar Motorik 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Disertasi Tertutup 9 23.08% 15.38% 23.08% 38.46% 100 %
Mk Pendukung Disertasi-2 2 50% 50% 100 %
Seminar Hasil Penelitian 5 25% 25% 25% 25% 100 %
Publikasi 5 14.29% 28.57% 28.57% 28.57% 100 %
DISERTASI TERBUKA 9 16.67% 11.11% 33.33% 38.89% 100 %
Filsafat Ilmu Keolahragaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistik untuk Ilmu Keolahragaan 2 50% 25% 25% 100 %
Analisis Artikel Jurnal Muktakhir 2 28.57% 28.57% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Mk Pendukung Disertasi-1 2 50% 50% 100 %
Disertasi 20 7.69% 7.69% 30.77% 7.69% 46.15% 99.99 %
Komprehensif 2 20% 25% 55% 100 %
Disertasi 9 46.67% 53.33% 100 %
Ujian Komprehensif 3 12.5% 12.5% 75% 100 %
METODE PENELITIAN KUALITATIF LANJUT 3 44.44% 22.22% 33.33% 99.99 %
METODE PENELITIAN KUANTITATIF LANJUT 3 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
Proposal Penelitian 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Mata Kuliah Penunjang Disertasi 2 2 25% 37.5% 37.5% 100 %
Matakuliah Pendukung Disertasi 1 2 52.94% 47.06% 100 %
Penunjang Disertasi 4 13.33% 26.67% 26.67% 33.33% 100 %
Psikologi Olahraga 2 50% 50% 100 %
METODE PENELITIAN KUANTITATIF LANJUT 2 30.77% 23.08% 46.15% 100 %
Kajian Hasil Penelitian 4 25% 16.67% 16.67% 25% 16.67% 100 %
Olahraga Rekreasi 2 20% 40% 40% 100 %
Analisis Fisiologi Olahraga 3 14.29% 21.43% 42.86% 21.43% 100 %
Inovasi Teknologi dan Instrumen Pengukuran Olahraga 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Metode penelitian Lanjutan 4 22.22% 22.22% 22.22% 22.22% 11.11% 99.99 %
Analisis Kebijakan Keolahragaan Lanjutan 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Proposal Penelitian 5 33.33% 16.67% 16.67% 33.33% 100 %
Analisis Biomekanika Olahraga 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Penelitian Tugas Akhir-1 8 50% 50% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya

A. Landasan Hukum

  1. Pancasila dan UUD 1945;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya2022-2045;
  20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.

B. Landasan Sosiologis

Pendirian Program Studi S-3 Ilmu Keolahragaan UNESA didasarkan pada kebutuhan sosial yang semakin mendesak akan sumber daya manusia yang memiliki keahlian tinggi dalam bidang keolahragaan, terutama dalam menganalisis, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan berbasis riset terhadap peningkatan performa olahraga dan kebugaran masyarakat. Perubahan gaya hidup, meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular, serta kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik telah menciptakan kebutuhan sosial yang nyata terhadap kehadiran ilmuwan olahraga yang mampu memberikan solusi berbasis keilmuan.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia juga semakin mengapresiasi prestasi olahraga sebagai bagian dari identitas nasional dan pencapaian global. Hal ini menuntut adanya inovasi dan intervensi ilmiah dalam pelatihan, pemulihan, gizi olahraga, biomekanika, serta manajemen performa atlet. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan doktoral yang dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya menjadi akademisi, tetapi juga aktor intelektual di balik kebijakan olahraga nasional, pengembangan teknologi olahraga, dan pemberdayaan masyarakat melalui aktivitas fisik.

Dengan demikian, Program S-3 Ilmu Keolahragaan UNESA hadir untuk menjawab tantangan sosial tersebut melalui pengembangan keilmuan dan riset keolahragaan yang kontekstual, solutif, dan berkelanjutan.

C. Landasan Filosofis

Secara filosofis, pendirian Program S-3 Ilmu Keolahragaan UNESA bertumpu pada pandangan bahwa ilmu keolahragaan merupakan cabang ilmu multidisipliner yang menyatukan nilai-nilai humanistik, kesehatan, teknologi, dan prestasi. Pendidikan doktor dalam bidang ini tidak hanya bertujuan untuk memperdalam penguasaan pengetahuan, tetapi juga membentuk cara berpikir kritis, reflektif, dan inovatif dalam merumuskan solusi ilmiah bagi permasalahan keolahragaan dan kesehatan masyarakat.

Filosofi keilmuan yang mendasari program ini berpijak pada pendekatan holistik terhadap tubuh manusia sebagai satu kesatuan biologis, psikologis, dan sosial yang responsif terhadap latihan fisik dan intervensi ilmiah. Selain itu, pendidikan S-3 ini mengedepankan semangat pengembangan ilmu secara berkelanjutan, kolaboratif, dan transdisipliner untuk menciptakan kontribusi nyata bagi pengembangan sains keolahragaan yang bermanfaat secara lokal, nasional, maupun global.

Program ini juga mengusung nilai-nilai kebijaksanaan ilmiah (scientific wisdom), integritas akademik, serta komitmen terhadap keberlanjutan manusia dan lingkungan dalam setiap pengembangan teori maupun praktik keolahragaan.