Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa
Study Program | : | Language and Literature Education |
Establishment Date | : | 2 April 2007 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2021 S-3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8800109109
DISSERTATION
9.00
8800102100
LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING PEDAGOGY
2.00
8800102073
EDUCATIONAL LINGUISTICS
2.00
8800102104
LEARNING PEDAGOGY LANGUAGE AND LITERATURE
2.00
8800103127
LATEST
3.00
8800103128
RESEARCH LANGUAGE LATEST RESEARCH LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING
3.00
8800103132
LATEST RESEARCH LITERATURE
3.00
8800103129
RECENT LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING RESEARCH
3.00
8800103130
RECENT LANGUAGE RESEARCH
3.00
8800103131
RECENT LITERATURE RESEARCH
3.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8800109109 | DISSERTATION | 9.00 | |
8800102100 | LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING PEDAGOGY | 2.00 | |
8800102073 | EDUCATIONAL LINGUISTICS | 2.00 | |
8800102104 | LEARNING PEDAGOGY LANGUAGE AND LITERATURE | 2.00 | |
8800103127 | LATEST | 3.00 | |
8800103128 | RESEARCH LANGUAGE LATEST RESEARCH LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING | 3.00 | |
8800103132 | LATEST RESEARCH LITERATURE | 3.00 | |
8800103129 | RECENT LANGUAGE AND LITERATURE LEARNING RESEARCH | 3.00 | |
8800103130 | RECENT LANGUAGE RESEARCH | 3.00 | |
8800103131 | RECENT LITERATURE RESEARCH | 3.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.
- KKNI
- Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
- Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi, karakter)
- Perkembangan dinamika masyarakat global
- Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
- Teknologi Informasi.
Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman.
Rekap PLO Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved