•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang bermakna, holistik, dan kontekstual bagi anak usia dini sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Mahasiswa akan mempelajari secara komprehensif tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran yang mencakup pemahaman kurikulum, penyusunan dokumen perencanaan, serta pengembangan perangkat ajar yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis proyek dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5). Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Dasar-dasar Kurikulum Merdeka: Mengkaji pedoman dan peraturan kurikulum merdeka PAUD, (2) Penyusunan Visi dan Misi Lembaga PAUD: Membimbing mahasiswa memahami dan menyusun visi-misi lembaga yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional dan karakteristik anak usia dini, (3) Kalender Pendidikan: Menyusun kalender pendidikan tahunan lembaga PAUD sebagai dasar perencanaan program pembelajaran. (4) Penyusunan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem): Mengembangkan perencanaan jangka panjang dan jangka menengah pembelajaran PAUD secara sistematis. (5)Penyusunan Modul Ajar: Merancang modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak. (6)Penyusunan dan Implementasi P5 di Lembaga PAUD: Merancang program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD. Mata kuliah ini dirancang secara aplikatif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui diskusi, observasi, dan simulasi penyusunan perangkat ajar. Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan dokumen perencanaan pembelajaran PAUD yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik anak, serta selaras dengan arah kebijakan pendidikan nasional Melalui pendekatan teoritik dan praktik, mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan rancangan pembelajaran lengkap yang aplikatif dan inovatif, sesuai dengan konteks satuan pendidikan. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, perancangan proyek, dan presentasi rancangan pembelajaran.

CPMK

  • Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
  • Mampu bekerja sama menyusun visi dan misi lembaga PAUD sesuai karakteristik peserta didik, kebutuhan masyarakat, lingkungan, dan perkembangan zaman
  • Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Penyusunan Visi, Misi dan Tujuan pembelajaran
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Review modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Portofolio perancangan program tahunan dan program semester
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran sentra
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Perancangan program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Penerapan perencanaan harian yang telah disusun
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Portofolio modul pembelajaran berbasis kearifan lokal
    • Date  21 Mei 2025

Dosen

EKA CAHYA MAULIDIYAH
EKA CAHYA MAULIDIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10