Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang bermakna, holistik, dan kontekstual bagi anak usia dini sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Mahasiswa akan mempelajari secara komprehensif tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran yang mencakup pemahaman kurikulum, penyusunan dokumen perencanaan, serta pengembangan perangkat ajar yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis proyek dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5).
Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi:
(1) Dasar-dasar Kurikulum Merdeka: Mengkaji pedoman dan peraturan kurikulum merdeka PAUD, (2) Penyusunan Visi dan Misi Lembaga PAUD: Membimbing mahasiswa memahami dan menyusun visi-misi lembaga yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional dan karakteristik anak usia dini, (3) Kalender Pendidikan: Menyusun kalender pendidikan tahunan lembaga PAUD sebagai dasar perencanaan program pembelajaran. (4) Penyusunan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem): Mengembangkan perencanaan jangka panjang dan jangka menengah pembelajaran PAUD secara sistematis. (5)Penyusunan Modul Ajar: Merancang modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak. (6)Penyusunan dan Implementasi P5 di Lembaga PAUD: Merancang program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.
Mata kuliah ini dirancang secara aplikatif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui diskusi, observasi, dan simulasi penyusunan perangkat ajar. Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan dokumen perencanaan pembelajaran PAUD yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik anak, serta selaras dengan arah kebijakan pendidikan nasional
Melalui pendekatan teoritik dan praktik, mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan rancangan pembelajaran lengkap yang aplikatif dan inovatif, sesuai dengan konteks satuan pendidikan. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, perancangan proyek, dan presentasi rancangan pembelajaran.
CPMK
- Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
- Mampu bekerja sama menyusun visi dan misi lembaga PAUD sesuai karakteristik peserta didik, kebutuhan masyarakat, lingkungan, dan perkembangan zaman
- Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.