•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Perspektif Teori Belajar di Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai perspektif tentang teori belajar. Baik dari perspektif tokoh Pendidikan di Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara, maupun tokoh Pendidikan dari Negara Maju. Mahasiswa juga dapat memahami prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran di kelas sehari-hari.

CPMK

  • Menganalisis secara praksis tentang teori belajar yang sesuai dengan pendidikan dasar berdasarkan pendekatan interdisipliner.
  • Mensintensis keterkaitan teori-teori belajar berdasarkan bidang studi secara mandiri.
  • Mengevaluasi penerapan teori belajar dengan memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis praksis di pendidikan dasar.
  • Mengidentifikasi temuan hasil riset dan merancang artikel ilmiah dari hasil analisis praktis teori belajar di pendidikan dasar.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar kognitif dan konstruktifis di pendidikan dasar.
    • Date  30 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar kognitif dan konstruktifis di pendidikan dasar.
    • Date  6 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar humanistik dan behavioristik di pendidikan dasar.
    • Date  13 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar humanistik dan behavioristik di pendidikan dasar.
    • Date  20 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  27 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  4 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  11 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Implikasi praksis teori montessori dalam pembelajaran di kelas awal di sekolah dasar.
  • Pertemuan 10
    Implikasi praksis teori ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran di sekolah dasar.
  • Pertemuan 11
    Implikasi praksis teori Ahmad Dahlan, dan Hasyim Asy’Ari dalam pembelajaran di sekolah dasar.
  • Pertemuan 12
    Implikasi praksis teori Ahmad Dahlan, dan Hasyim Asy’Ari dalam pembelajaran di sekolah dasar.
  • Pertemuan 13
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
  • Pertemuan 14
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
  • Pertemuan 15
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
  • Pertemuan 16
    UAS

Pustaka

Dosen

JULIANTO
JULIANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NURUL ISTIQ'FAROH
NURUL ISTIQ'FAROH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10