Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep dasar, karakteristik, dan pendekatan psikologis dalam memahami anak berkebutuhan khusus (ABK). Materi mencakup klasifikasi dan identifikasi berbagai jenis kebutuhan khusus (seperti disabilitas intelektual, autisme, gangguan belajar, gangguan perilaku, dan gangguan sensorik), serta asesmen dan intervensi psikologis yang sesuai. Tujuan mata kuliah adalah memberikan pemahaman komprehensif tentang perkembangan psikologis ABK, faktor-faktor yang memengaruhi, serta strategi pendukung yang efektif. Ruang lingkup meliputi tinjauan teoritis, studi kasus, dan aplikasi praktis dalam konteks pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup ABK.
CPMK
- Mahasiswa mampu memahami konsep perkembangan secara umum & Konsep gangguan perkembangan
- Mahasiswa memahami Jenis gangguan perkembangan pada anak dan remaja
- Menciptakan laporan asesmen psikologi anak berkebutuhan khusus yang inovatif dan sesuai standar (C6)
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip psikologi anak berkebutuhan khusus
- Mahasiswa mampu menyusun karya tulis dalam bentuk buku saku tentang identifikasi ABK.