Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar perkembangan anak usia dini (0–6 tahun), meliputi aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan moral. Pembelajaran menggunakan metode studi kasus agar mahasiswa dapat menerapkan teori ke dalam situasi nyata perkembangan anak. Unsur etnopedagogi diintegrasikan dengan memanfaatkan kearifan lokal, nilai budaya, dan tradisi Indonesia sebagai sumber belajar, seperti permainan tradisional, bahasa daerah, dan nilai gotong royong. Mata kuliah ini juga mendukung pencapaian SDG’s ke-4 (Pendidikan Berkualitas) dengan membekali calon pendidik agar mampu memberikan layanan pendidikan yang kontekstual dan bermakna, serta SDG’s ke-3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) melalui pemahaman terhadap tumbuh kembang anak yang sehat, aman, dan sejahtera.
CPMK
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori-teori perkembangan anak usia dini.
- Mahasiswa mampu menganalisis kasus perkembangan anak menggunakan pendekatan multidisiplin, termasuk etnopedagogi berbasis kearifan lokal.
- Mahasiswa mampu merancang intervensi sederhana berdasarkan analisis kasus yang mengintegrasikan nilai budaya Indonesia.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, dengan pertimbangan konteks etnis dan budaya.