•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Tren dan Teknologi Industri Kreatif

Program Studi S2 Industri Kreatif UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Tren dan Teknologi Industri Kreatif pada jenjang S2 Program Studi Industri Kreatif membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang perkembangan terkini dalam industri kreatif global. Mata kuliah ini mengkaji berbagai tren yang sedang berkembang di berbagai subsektor industri kreatif seperti desain, seni, media, fashion, kuliner, dan entertainment. Fokus utama mencakup analisis terhadap teknologi-teknologi disruptif yang mengubah lanskap industri kreatif, termasuk digitalisasi, artificial intelligence, augmented reality, virtual reality, blockchain, dan internet of things. Tujuan pembelajaran meliputi pengembangan kemampuan analitis dalam mengidentifikasi pola tren, memahami dampak teknologi terhadap model bisnis kreatif, serta merancang strategi inovasi yang responsif terhadap perubahan pasar. Ruang lingkup mata kuliah mencakup studi kasus implementasi teknologi dalam praktik industri kreatif, analisis data untuk prediksi tren, serta pengembangan prototipe solusi kreatif berbasis teknologi terkini. Mahasiswa akan mengembangkan kompetensi dalam menganalisi tren dan teknologi industri kreatif, merancang strategi transformasi digital, dan membuat inovasi berkelanjutan di berbagai bidang industri kreatif.

CPMK

  • Menguasai teori dan metode analisis tren industri kreatif
  • Menguasai penerapan aplikasi teknologi industri kreatif berbasi TIK
  • Mengevaluasi metode analisis tren industri kreatif berbasis TIK
  • Menerapkan metode analisis tren dan teknologi industri kreatif berbasis TIK untuk memprediksi dan membuat keputusan berdasarkan tren
  • Mewujudkan rancangan aplikasi teknologi industri kreatif berbasi TIK berdasarkan hasil analisis tren

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Teori dan konsep industri kreatif untuk menganalisis tren pasar global dan lokal secara kritis.
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Teori dan konsep industri kreatif untuk menganalisis tren pasar global dan lokal secara kritis.
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Efektivitas penerapan teknologi digital dalam produk/jasa kreatif dengan menggunakan kriteria keberlanjutan (ekonomi, sosial, lingkungan) untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan.
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Efektivitas penerapan teknologi digital dalam produk/jasa kreatif dengan menggunakan kriteria keberlanjutan (ekonomi, sosial, lingkungan) untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan.
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Merancang konsep inovatif yang memadukan teknologi modern dan kearifan lokal untuk menghasilkan solusi kreatif yang relevan dengan industri saat ini.
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi dampak teknologi industri 4.0 terhadap transformasi model bisnis di industri kreatif.
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Kelayakan penerapan teknologi emerging untuk meningkatkan daya saing industri kreatif di tingkat global melalui pendekatan evaluatif yang komprehensif.
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Efektivitas metode analisis tren berbasis TIK dan menerapkannya dalam konteks industri kreatif
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Secara kritis kelayakan implementasi teknologi emerging dalam konteks industri kreatif, termasuk aspek teknis, ekonomi, sosial, dan lingkungan, untuk menciptakan solusi yang kompetitif di pasar global.
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Teknik riset terapan untuk menganalisis tren teknologi dan mengidentifikasi peluang inovasi yang relevan dengan industri kreatif.
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Metodologi riset terapan untuk menganalisis tren teknologi dan mengidentifikasi peluang inovasi yang relevan dengan industri kreatif.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan prototipe solusi kreatif berbasis teknologi mutakhir yang relevan dengan tantangan industri, serta mengevaluasi dampak potensialnya.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan prototipe solusi kreatif berbasis teknologi mutakhir yang relevan dengan tantangan industri, serta mengevaluasi dampak potensialnya.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi berbagai strategi adaptasi yang digunakan oleh pelaku industri kreatif untuk menghadapi tantangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen.
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Dan memberikan evaluasi komprehensif terhadap karya kreatif teknologi berdasarkan kriteria estetika, tingkat inovasi, dan aspek keberlanjutan
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mewujudkan prototype aplikasi teknologi industri kreatif berbasis TIK, menganalisis kesesuaian implementasi dengan tren industri, dan mempresentasikan hasil dengan metodologi yang tepat
    • Date  18 Desember 2025

Dosen

ERVIN YOHANNES
ERVIN YOHANNES
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FITRIA
FITRIA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Industri Kreatif
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10