Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya Unesa
Study Program | : | Arts and Cultural Education |
Establishment Date | : | 13 Maret 2009 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Seni Berbasis Budaya Nusantara yang Mengutamakan Mutu, Inovasi, dan Kukuh dalam Keilmuan.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan seni yang inovatif berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, Nusantara, dan nilai-nilai budaya Jawa Timur
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan seni berbasis Budaya Nusantara, khususnya Jawa Timur yang inovatif.
- Menyebarluaskan pemikiran dan produk penelitian yang inovatif berbasis Budaya Nusantara, khususnya Jawa Timur yang inovatif
Tujuan
- Memiliki inovasi tinggi dalam pembelajaran seni berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai budaya nusantara khususnya Jawa Timur.
- Berkompeten dalam penelitian pendidikan seni yang inovatif serta mempublikasikannya.
- Mampu mengembangkan inovasi pendidikan seni sesuai dengan perkembangan zaman
- Mampu sebagai penggerak seni dalam berbagai bidang pekerjaan seni.
Capaian Lulusan Program Studi Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2021 S2 PENDIDIKAN SENI BUDAYA
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810902834
DESIGN AND TECHNOLOGY
2.00
8810902013
PHILOSOPHY OF SCIENCE ARTS EDUCATION
2.00
8810903828
INTER-STUDIES
3.00
8810902024
ARTS EDUCATION CURRICULUM
2.00
8810903825
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8810902039
PSYCHOLOGY OF ART EDUCATION
2.00
8810902826
EDUCATION THEORY ARTS
2.00
8810902814
MULTIMEDIA ARTS LEARNING ART LEARNING
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810902830
AESTHETICS OF INDONESIAN ART
2.00
8810903831
INTER-
3.00
8810902028
ARTS EDUCATION MANAGEMENT
2.00
8810902829
EDUCATIONAL STUDIES CREATIVITY
2.00
8810902833
RESEARCH AND DEVELOPMENT METHODOLOGY
2.00
8810902832
RESEARCH METHODOLOGY
2.00
8810902035
ARTS LEARNING CULTURE ARTS
2.00
8810902813
HISTORY ART EDUCATION
2.00
8810902815
SOCIOLOGY OF ART EDUCATION
2.00
8810902821
FIELD STUDY
2.00
Semester ke 3
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Magang (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810902820
RESEARCH PROPOSAL
2.00
8810902823
PUBLICATION
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810902810
FIELD STUDY
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810906812
THESIS
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810902834 | DESIGN AND TECHNOLOGY | 2.00 | |
8810902013 | PHILOSOPHY OF SCIENCE ARTS EDUCATION | 2.00 | |
8810903828 | INTER-STUDIES | 3.00 | |
8810902024 | ARTS EDUCATION CURRICULUM | 2.00 | |
8810903825 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8810902039 | PSYCHOLOGY OF ART EDUCATION | 2.00 | |
8810902826 | EDUCATION THEORY ARTS | 2.00 | |
8810902814 | MULTIMEDIA ARTS LEARNING ART LEARNING | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810902830 | AESTHETICS OF INDONESIAN ART | 2.00 | |
8810903831 | INTER- | 3.00 | |
8810902028 | ARTS EDUCATION MANAGEMENT | 2.00 | |
8810902829 | EDUCATIONAL STUDIES CREATIVITY | 2.00 | |
8810902833 | RESEARCH AND DEVELOPMENT METHODOLOGY | 2.00 | |
8810902832 | RESEARCH METHODOLOGY | 2.00 | |
8810902035 | ARTS LEARNING CULTURE ARTS | 2.00 | |
8810902813 | HISTORY ART EDUCATION | 2.00 | |
8810902815 | SOCIOLOGY OF ART EDUCATION | 2.00 | |
8810902821 | FIELD STUDY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810902820 | RESEARCH PROPOSAL | 2.00 | |
8810902823 | PUBLICATION | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810902810 | FIELD STUDY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810906812 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum dilakukan oleh tim kurikulum dan prodi, beserta UPM, juga berdasarkan hasil tracer study yang ditangani khusus oleh PIC tracer study. Evaluasi kurikulum dilakukan setiap tahun,
Rekap PLO Program Studi Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Field Study | 2 | 38.89% | 16.67% | 22.22% | 22.22% | 100 % | ||||||
Sociology of Art Education | 2 | 26.32% | 26.32% | 26.32% | 21.05% | 100 % | ||||||
Philosophy of Science Arts Education | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Arts Learning Culture Arts | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Arts Education Curriculum | 2 | 28.57% | 71.43% | 100 % | ||||||||
Research methodology | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Inter- | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | |||||||
Educational Studies Creativity | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Aesthetics of Indonesian Art | 2 | 25% | 8.33% | 50% | 16.67% | 100 % | ||||||
Inter-Studies | 3 | 12.5% | 12.5% | 25% | 12.5% | 37.5% | 100 % | |||||
Research and Development Methodology | 2 | 40% | 20% | 26.67% | 13.33% | 100 % | ||||||
Design and Technology | 2 | 19.35% | 35.48% | 16.13% | 29.03% | 99.99 % | ||||||
Multimedia Arts Learning Art Learning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Field Study | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Design and Technology Arts and Culture | 2 | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % | ||||||
Anthropology Art | 2 | 21.43% | 28.57% | 28.57% | 21.43% | 100 % | ||||||
Multicultural Education | 2 | 31.25% | 18.75% | 18.75% | 12.5% | 6.25% | 6.25% | 6.25% | 100 % | |||
Entrepreneurship and Creative Industries | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
Innovative Learning | 2 | 37.5% | 62.5% | 100 % | ||||||||
Arts Education Curriculum | 3 | 31.25% | 68.75% | 100 % | ||||||||
Aesthetic Study of Archipelago Arts and Culture | 4 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Arts Learning Technology Design | 4 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||
Entrepreneurship and Creative Industries | 3 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Arts and Culture Education and Learning | 4 | 62.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Art Creation Methodology | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Development Research Methodology | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Sociology of Art Education | 3 | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Arts and Cultural Education
Universitas Negeri Surabaya
- RASIONAL
Kurikulum Prodi Pendidikan Seni Budaya dikembangkan berdasarkan landasan (a) filosofis, (b) sosiologis, (c) psikologis, dan (d) yuridis.
- Landasan filosofis kurikulum ini meliputi (1) filsafat ontologi yaitu filsafat Pancasila sebagai landasan utama, yang memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran identitas bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai pulau, adat istiadat, kebudayaan, agama, dan kepercayaan oleh karena itu Lembaga Pendidikan Pascasarjana Unesa bisa memberikan pelayanan pada seluruh unsur yang dimaksud .
(2) filsafat aksiologi yaitu filsafat pendidikan seni yang mengedepankan aksi atau praktik pendidikan kesenian dalam rangka menguatkan keberadaan peran dan fungsi pembelajar dalam memahami konsep, implementasi serta pengembangan pendidikan seni berbasis budaya, di tengah perkembangan bangsa Indonesia (3) filsafat epistemologi yaitu filsafat yang mengedepankankan cara untuk penelitian, pengkajian, dan penciptaan pendidikan seni. Filsafat ini memberikan landasan yang kuat bahwa pendidikan seni budaya senantiasa dianalisis, dikaji, diteliti, dan diciptakan agar pembelajar dapat mengembangkan, membangun, dan menciptakan inovasi pendidikan dan seni berbasis budaya nusantara khususnya Jawa Timur
2. Landasan sosiologis digunakan untuk menguatkan prodi Pendidikan Seni Budaya sebagai pranata sosial yang penting bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis melalui pendidikan seni budaya. Secara sosiologis Kurikulum Prodi Pendidikan Seni Budaya ini dirancang untuk mengatasi masalah yang berkaitan rekonstruksi sosial dengan segala persoalan kemasyarakatan yang muncul, termasuk disintegrasi sosial, konflik antar etnis, dan perilaku kekerasan. Di samping itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi disparitas sosial ekonomi yang semakin tajam akibat dari perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Juga, untuk memperkuat jatidiri dalam era komunikasi tanpa batas, serta tanpa mengisolasikan diri dari percaturan informasi dan komunikasi melalui pendidikan seni dalam konteks budaya.
3. Landasan psikologis digunakan karena peristiwa pendidikan seni adalah rumit dan dinamik, yang diwarnai jaringan psikologis dalam kaitanya usaha pendidik untuk mensuseskan belajar. Tenaga pendidik seni yang professional harus mampu mempertanggung jawabkan keberhasilan dan kegagalan dalam mempengaruhi siwa belajar. Hubungan landasan psikologi dengan kurikulum berkenaan dengan pendekatan, startegi, desain, multi media, model pembelajaran, telaah kurikulum pendidikan seni, pembelajaran seni, teori belajar dan berbagai factor yang mempengaruhinya. Produktivitas pendidikan dicerminkan dalam hasil pembelajaran.
4. Landasan yuridis kurikulum Pendidikan Seni Budaya ini menggunakan perundang-undangan yang berlaku. Undang-Undang Dasar 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran penting untuk menjamin terjadinya perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang maju dalam tatanan kehidupan Nasional. UU Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Pendidikan Tinggi No 19 tahun 2005 digunakan sebagai pedoman dasar mengembangkan kurikulum PBSI agar memiliki kesesuaian dan keterpaduan gerak sebagai bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved