<p> 1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi: Model Pembelajaran kooperatif ( <i> cooperative learning </i> ) <i> , </i> pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( <i> problem based learning </i> ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekuntuk mencapai kompetensi siswa </p><p> 2. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran: kooperatif ( <i> cooperative learning </i> ) <i> , </i> pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( <i> problem based learning </i> ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek, yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif II </p><p> 3. Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi: pembelajaran: kooperatif ( <i> cooperative learning </i> ) <i> , </i> pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( <i> problem based learning </i> ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa. </p><p> 4. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaranpembelajaran: kooperatif ( <i> cooperative learning </i> ) <i> , </i> pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( <i> problem based learning </i> ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang telah dirancangnya di dalam forum <i> peer teaching </i></p>