CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
CPL-9 Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains
CPMK
CPMK-1 Menjelaskan landasan filosofis, historis, budaya, dan teori belajar dan pembelajaran sains berbasis kearifan local.
CPMK-2 Menganalisis unsur-unsur pembelajaran sains berbasis kearifan local dalam publikasi atau laporan penelitian pembelajaran sains berbasis kearifan local.
CPMK-3 Menentukan kelayakan sebuah kearifan lokal sebagai konteks pembelajaran sains
CPMK-4 Merancang pembelajaran sains berbasis kearifan lokal yang menjadi ide penelitian disertasi