•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Masyarakat

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

This course discusses the conceptual study of non-formal education learning models which include understanding, characteristics, syntax and steps in implementing them. In addition, skills are needed in compiling reports on the results of the study and also developing non-formal education learning models. With the existence of various non-formal education institutions, it is necessary to test existing learning models, then it is hoped that new learning models will be found to further enrich the variety of non-formal education learning. The teaching materials presented are approaches and types of non-formal learning development, methods and models of collecting and analyzing program assessment data, developing non-formal program model prototypes, developing non-formal program model prototypes, compiling reports on the results of assessment and development of non-formal learning models. assessment and development of non-formal learning models. To guide lecture activities, learning methods are used in the form of discussions, mini practicum, questions and answers, and presentations. answer, and presentation. This course also provides an understanding of the history and concept of community education, the purpose and content of community education, the nature of community education in the national education system, the field of community education, as well as SPEM and 10 benchmarks of community education through explanation, discussion and presentation

CPMK

  • Menganalisis keputusan yang tepat dalam rangka penyelesaian masalah melalui pengembangan ilmu pendidikan nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data (C4)
  • Menganalisis teori, konsep, prinsip-prinsip analisis kebutuhan masyarakat setelah dewasa, dan menguasai teknologi informasi dalam penyelenggaraan program pendidikan nonformal (C4)
  • Mampu menyusun gagasan yang inovatif dan kreatif dalam rangka mengembangkan program pendidikan nonformal
  • Menciptakan program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kewirausahaan sosial (C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dan ruang lingkup, kedudukan pendidikan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional dan sejarah perkembangan pendidikan masyarakat.
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    Sejarah perkembangan pendidikan masyarakat
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Isu-isu dan program pendidikan masyarakat
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Isu-isu dan program pendidikan masyarakat
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan pendidikan informal? (Kelompok 1)
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Siswa dapat memahami Perspektif historis tentang pendidikan informal (Kelompok 2)
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Siswa dapat memahami nilai-nilai profesional dalam pekerjaan pendidikan informal (Kelompok 3)
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Siswa dapat memahami tempat, ruang, dan pendidikan informal
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar-dasar pemikiran dan implementasi pendidikan seumur hidup
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Pendidikan berkelanjutan (kelompok 6)
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Siswa dapat memahami pusat-pusat pembelajaran masyarakat (laporan negara dari Asia) (Kelompok 7)
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Students are able to understand community learning centers (country report from Asia) (Group 9
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Studi lapangan tentang program pendidikan masyarakat
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Studi lapangan tentang program pendidikan masyarakat
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Memiliki pemahaman tentang sejarah dan konsep pendidikan masyarakat, tujuan dan isi pendidikan masyarakat, hakikat pendidikan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional, bidang-bidang pendidikan masyarakat, serta 10 tolok ukur pendidikan masyarakat di bidang pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan informal.
    • Date  16 Desember 2024

Pustaka

Dosen

MONICA WIDYASWARI
MONICA WIDYASWARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

GUNARTI DWI LESTARI
GUNARTI DWI LESTARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10