•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Masyarakat

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang kajian konseptual tentang model-model pembelajaran pendidikan nonformal yang meliputi pengertian, karakteristik, sintaks dan langkah-langkah dalam mengimplementasikannya. Selain itu, diperlukan keterampilan dalam menyusun laporan hasil kajian dan juga mengembangkan model-model pembelajaran pendidikan nonformal. Dengan adanya berbagai lembaga pendidikan nonformal, maka perlu dilakukan uji coba model-model pembelajaran yang sudah ada, selanjutnya diharapkan akan ditemukan model-model pembelajaran baru untuk lebih memperkaya ragam pembelajaran pendidikan nonformal. Bahan ajar yang disajikan adalah pendekatan dan jenis-jenis pengembangan pembelajaran nonformal, metode dan model pengumpulan dan analisis data penilaian program, pengembangan prototipe model program nonformal, pengembangan prototipe model program nonformal, penyusunan laporan hasil penilaian dan pengembangan model pembelajaran nonformal. penilaian dan pengembangan model pembelajaran nonformal. Untuk memandu kegiatan perkuliahan, digunakan metode pembelajaran berupa diskusi, praktikum mini, tanya jawab, dan presentasi. answer, and presentation. Mata kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang sejarah dan konsep pendidikan masyarakat, tujuan dan isi pendidikan masyarakat, hakikat pendidikan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional, bidang garapan pendidikan masyarakat, serta SPEM dan 10 tolok ukur pendidikan masyarakat melalui pemaparan, diskusi, dan presentasi

CPMK

  • Menganalisis keputusan yang tepat dalam rangka penyelesaian masalah melalui pengembangan ilmu pendidikan nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data (C4)
  • Menganalisis teori, konsep, prinsip-prinsip analisis kebutuhan masyarakat setelah dewasa, dan menguasai teknologi informasi dalam penyelenggaraan program pendidikan nonformal (C4)
  • Mampu menyusun gagasan yang inovatif dan kreatif dalam rangka mengembangkan program pendidikan nonformal
  • Menciptakan program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kewirausahaan sosial (C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dan ruang lingkup, kedudukan pendidikan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional dan sejarah perkembangan pendidikan masyarakat.
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    Sejarah perkembangan pendidikan masyarakat
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Isu-isu dan program pendidikan masyarakat
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Isu-isu dan program pendidikan masyarakat
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan pendidikan informal? (Kelompok 1)
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Siswa dapat memahami Perspektif historis tentang pendidikan informal (Kelompok 2)
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Siswa dapat memahami nilai-nilai profesional dalam pekerjaan pendidikan informal (Kelompok 3)
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Siswa dapat memahami tempat, ruang, dan pendidikan informal
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar-dasar pemikiran dan implementasi pendidikan seumur hidup
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Pendidikan berkelanjutan (kelompok 6)
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Siswa dapat memahami pusat-pusat pembelajaran masyarakat (laporan negara dari Asia) (Kelompok 7)
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Students are able to understand community learning centers (country report from Asia) (Group 9
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Studi lapangan tentang program pendidikan masyarakat
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Studi lapangan tentang program pendidikan masyarakat
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Memiliki pemahaman tentang sejarah dan konsep pendidikan masyarakat, tujuan dan isi pendidikan masyarakat, hakikat pendidikan masyarakat dalam sistem pendidikan nasional, bidang-bidang pendidikan masyarakat, serta 10 tolok ukur pendidikan masyarakat di bidang pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan informal.
    • Date  16 Desember 2024

Pustaka

Dosen

GUNARTI DWI LESTARI
GUNARTI DWI LESTARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MONICA WIDYASWARI
MONICA WIDYASWARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10