Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mempelajari kontribusi pembelajaran matematika sekolah dasar yang diitegrasikan pada literasi numerasi dan etnomatematika yakni mahasiswa merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika di sekolah dasar dengan menggunakan teori-teori yang relevan, yakni: lima standar proses pembelajaran matematika sekolah, mental aritmatika dan number sense, spatial thinking, algebraic thinking, dan computational thinking, problem posing, dan literasi numerasi.
CPMK
- Memanfaatkan sumber belajar berbasis kultur, isu-isu global, dan TIK untuk mendukung penguasaan pengembangan pembelajaran matematika di Pendidikan dasar berbasis etnomatematika dan literasi numerasi
- Memecahkan masalah pembelajaran Matematika di Pendidikan dasar secara analitik praksis melalui pendekatan interdisipliner
- Menciptakan desain pembelajaran matematika di SD yang konstruktivistik berbasis etnomatematika dan literasi numerasi secara kreatif dengan menginternalisasi nilai-nilai dan etika akademik
- Melakukan analisis praksis terhadap hasil eksperimen atau observasi pembelajaran Matematika di sekolah dasar untuk melakukan analisis perbaikan sesuai dengan teori pedagogi yang dipelajari