•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Ilmu Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, dan etika akademik dalam memahami konsep dasar ilmu pendidikan sebagai proses pembentukan karakter
  • Mahasiswa mampu mengembangkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan melalui diskusi tentang peran pendidikan dalam masyarakat
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dasar teori pendidikan, seperti behaviorisme dan konstruktivisme, yang relevan dengan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus
  • Mahasiswa mampu menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, dan penilaian layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus, termasuk rencana pelajaran inklusif

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Bisa menjelaskan konsep pendidikan sebagai pembentukan karakter dengan contoh nilai agama seperti kejujuran dalam belajar.
    • Date  4 September 2024

  • Pertemuan 2
    Bisa mendiskusikan nilai kebangsaan seperti Pancasila dalam konteks pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus.
    • Date  11 September 2024

  • Pertemuan 3
    Bisa mengintegrasikan nilai budaya nasional seperti gotong royong dalam pemahaman proses pembentukan karakter siswa.
    • Date  18 September 2024

  • Pertemuan 4
    Bisa menerapkan etika akademik seperti menghindari plagiat saat menulis ringkasan konsep dasar ilmu pendidikan.
    • Date  25 September 2024

  • Pertemuan 5
    Berani menghadapi masalah pada studi kasus pendidikan inklusif dan tetap menyelesaikan tugas hingga tuntas.
    • Date  2 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Bekerja sama dengan anggota tim untuk menganalisis peran sekolah dalam masyarakat.
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menyusun gagasan baru yang inklusif dan bernilai usaha (mis. prototipe layanan edukatif) dari hasil studi kasus.
    • Date  16 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Refleksi diri tentang pelajaran yang masih perlu dipelajari dan rencana belajar mandiri berikutnya.
    • Date  23 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Bisa menjelaskan konsep behaviorisme seperti stimulus-respons.
    • Date  30 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Bisa menganalisis konstruktivisme, membangun pengetahuan sendiri
    • Date  6 November 2024

  • Pertemuan 11
    Bisa bandingkan behaviorisme dan konstruktivisme dalam pendidikan khusus untuk ABK.
    • Date  13 November 2024

  • Pertemuan 12
    Bisa terapkan teori behaviorisme atau konstruktivisme untuk solusi masalah pada studi kasus ABK.
    • Date  20 November 2024

  • Pertemuan 13
    Bisa merancang rencana pembelajaran inklusif, kurikulum pendidikan inklusif dan kebijakan pendidikan inklusif.
    • Date  27 November 2024

  • Pertemuan 14
    Bisa menerapkan layanan pendidikan khusus
    • Date  4 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Bisa buat laporan analisis kasus dengan saran perbaikan layanan pendidikan.
    • Date  11 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Bisa buat laporan analisis kasus dengan saran perbaikan layanan pendidikan.
    • Date  18 Desember 2024

Dosen

DIAH EKASARI
DIAH EKASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SITI MAHMUDAH
SITI MAHMUDAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10