Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengkaji tentang: prinsip-prinsip dasar kesulitan belajar karena hambatan koordinasi motorik, kinestetik-taktil, sensori, persepsi, lateralisasi, atau konsentrasi-atensi, analisis kurikulum prototipe, desain pembelajaran individual bagi anak berkesulitan belajar akademik, aspek-aspek yang terkait pembelajaran calistung, deskripsi anak yang mengalami kesulitan belajar spesifik, pengembangan program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar spesifik, implementasi program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar spesifik. Konsep dasar pembelajaran anak kesulitan belajar umum: pengertian, definisi, prinsip-prinsip pembelajaran dan azas-azas pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, program pembelajaran akademik dan non akademik, implementasi model-model pembelajaran dan strategi pembelajaran anak kesuitan belajar, program pembelajaran VAKT, analisis kurikulum, penyusunan dan pelaksanaan program pembelajaran di sekolah jenjang SD melalui kegiatan proyek studi lapangan dan studi kasus. Penerapan teknologi assistive pada pembelajaran membaca, menulis, dan matematika bagi anak kesulitan belajar
CPMK
- Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu penguasaan konsep-konsep kesulitan belajar dan penerapannya dalam melakukan analisis problematika kesulitan belajar
- Menguasai hakikat kesulitan belajar sebagai teori, konsep, prinsip, proses, strategi, teknik, dan metode pembelajaran anak kesulitan belajar umum dan spesifik untuk mengkaji fenomena kesulitan belajar secara objektif komprehensif dalam tulisan ilmiah yang dipresentasikan dalam diskusi kelas dan atau pertemuan ilmiah lain
- Merencanakan, mengembangkan, menuliskan, menyusun, program pembelajaran dan mengimplementasikan program pembelajaran di semua jenjang sesuai kasus
- Mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pembelajaran anak kesulitan belajar baik akademik maupun non akademik dan menemukan alternatif/solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran serta memiliki sikap bertanggung jawab terhadap program pembelajaran anak kesulitan belajar