•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Seni Tari Anak Usia Dini

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Seni Tari Anak Usia Dini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis mengenai konsep, prinsip, dan praktik seni tari yang sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar gerak tari, unsur-unsur tari (ruang, waktu, tenaga, dan iringan), serta jenis-jenis tari yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan stimulasi perkembangan anak. Fokus utama mata kuliah ini adalah bagaimana seni tari dapat diintegrasikan secara kreatif dan edukatif dalam pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan aspek motorik, sosial-emosional, bahasa, dan kognitif anak. Mahasiswa juga akan mengkaji fungsi tari sebagai media ekspresi, komunikasi, dan pembentukan karakter, dengan memperhatikan nilai-nilai budaya lokal dan norma sosial yang sesuai dengan konteks anak. Melalui pendekatan berbasis praktik, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi kegiatan seni tari yang menarik, bermakna, dan aman bagi anak usia dini. Proses pembelajaran dilaksanakan secara kolaboratif melalui ceramah interaktif, observasi video tari anak, praktik tari, diskusi kelompok, dan proyek kreatif, guna menumbuhkan kompetensi pedagogis, artistik, dan inovatif dalam pengembangan seni tari di lingkungan pendidikan anak usia dini.

CPMK

  • Mahasiswa mampu bekerja sama dengan kelompok, berpartisipasi mengembangkan wawasan tentang seni tari, dandapat bertanggungjawab memproduksi desain pembelajaran sesuai kesepakatan
  • Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep dasar seni tari, mampu mengapresiasi dan memahami potensianak dalam berlatih seni di usia dini, serta menguasai teori dan praktek pembelajaran tari untuk anak usia dini, dapat memilihmetode, model, teknik, dan media ataupun alat peraga yang relevan.
  • Mahasiswa mampu menunjukan kinerja dalam mendesain, mengelola dan memperagakan secara simulatifpraktek pembelajaran tari pada anak usia dini

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mengenal arti istilah-istilah tari dan fungsi-fungsi tari
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Mengenal Perkembangan kemampuan anak dalam belajar menari
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Persiapan pengajaran tari untuk anak usia dini
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Memilih materi tari berdasarkan tujuan
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Bab 1 sampai dengan bab 4
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Apresiasi Seni Tari
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Mengenal komposisi tari secara umum
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Mencipta Tari Anak Usia Dini dengan kompsisi tari sederhana
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Ngenal tata rias wajah untuk tari anak usia dini
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Mengenal Tata Busana Tari untuk anak usia dini
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Mengenal Karakteristik gerak dan lagu dalam tari
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Mengenal senam irama dalam tari
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Mengenal karakteristik Tari Bermain
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Mengenal jenis-jenis sajian tari pendidikan untuk anak usia dini
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

SRI SETYOWATI
SRI SETYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AFIFAH RAHMANINGRUM
AFIFAH RAHMANINGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10