•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course PENDEKATAN DAN TEORI BIMBINGAN DAN KONSELING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Program Studi S2 Bimbingan Dan Konseling UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memiliki perbedaan fisik, mental, atau sosial yang memerlukan pendekatan khusus dalam pendidikan dan bimbingan. Dalam konteks bimbingan dan konseling, pendekatan dan teori yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan spesifik setiap anak, baik itu anak dengan gangguan perkembangan, gangguan belajar, gangguan emosional, atau anak dengan kebutuhan fisik tertentu. Bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus bertujuan untuk membantu mereka mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti emosional, sosial, dan pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pendekatan yang lebih holistik dan teori yang relevan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

CPMK

  • Memahami teori-teori dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling untuk anak berkebutuhan khusus.
  • Menganalisis karakteristik anak berkebutuhan khusus serta masalah yang mereka hadapi.
  • Merancang dan menerapkan intervensi bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.
  • Mengembangkan keterampilan praktis dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada anak dengan berbagai jenis kebutuhan khusus.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pendahuluan: Konsep dan Definisi Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  6 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  13 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pendekatan Holistik dalam Bimbingan dan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  20 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Teori-teori Dasar dalam Bimbingan dan Konseling
    • Date  27 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Pendekatan Psikoanalisis dalam Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  6 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Pendekatan Humanistik: Carl Rogers dalam Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  13 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Pendekatan Kognitif-Perilaku dalam Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  20 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ulangan Tengah Semester
    • Date  27 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Teori Perkembangan Anak dan Aplikasinya dalam Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  3 April 2025

  • Pertemuan 10
    Masalah Emosional dan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  10 April 2025

  • Pertemuan 11
    Strategi Intervensi Bimbingan dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  17 April 2025

  • Pertemuan 12
    Teknik Bimbingan Konseling untuk Anak dengan Autisme
    • Date  24 April 2025

  • Pertemuan 13
    Konseling untuk Anak dengan Gangguan Emosional dan Perilaku
    • Date  1 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Kolaborasi dengan Keluarga dan Guru dalam Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  8 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  15 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  22 Mei 2025

Pustaka

Dosen

ELISABETH CHRISTIANA
ELISABETH CHRISTIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH
ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Bimbingan Dan Konseling
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10