•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi dan Supervisi Pendidikan

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengabstraksikan substansi dan ruang lingkup evaluasi dan supervisi pendidikan serta memahirkan mahasiswa dalam menyusun instrumen evaluasi program pendidikan dan pembelajaran serta instrumen supervisi dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa untuk mampu mengkorelasikan aktivitas evaluasi dan supervisi pendidikan dengan upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode Project-Based Learning, Self-Directive Learning dan Cooperative Learning. Luaran dari perkuliahan ini adalah artikel ilmiah yang disubmit pada jurnal nasional/internasional terakreditasi serta draft kumpulan instrumen supervisi pendidikan

CPMK

  • Mahasiswa mampu menginternalisasi karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori dan praktik Evaluasi dan Supervisi Pendidikan
  • Menguasai konsep teoritis meliputi, tujuan, prinsip dan teknik, langkah-langkah dan prosedur, pendekatan, model dan perangkat Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi
  • Mengabstraksikan dinamika dan perkembangan kajian Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir) dan buku-buku yang relevan
  • Memecahkan permasalahan Evaluasi dan supervisi pendidikan melalui identifikasi dan penyusunan alternatif solusi dengan pendekatan inter dan multidisipliner melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif dan teruji
  • Mengembangkan perangkat (instrumen) Evaluasi dan Supervisi pendidikan sesuai dengan kontek dan kebutuhan
  • Menyusun rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) melauli pemanfaatan hasil evaluasi dan supervisi pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    1.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    2.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    3.1 mengkaji dan menjelaskan landasan filosofis, landasan psikologis dan landasan sosial evaluasi pendidikan
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    4.1 mengkaji model evaluasi CIPP dan model Stake serta menentukan sifat/ciri masing-masing model
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    5.1 menyimpulkan konsep supervisi pendidikan
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    6.1 mengkaji pendekatan-pendekatan dalam supervisi
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    7.1 menguasai prinsip-prinsip evaluasi program
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    8.1 memenuhi tugas USS secara inovatif dan mandiri sesuai dengan kriteria dan lini masa yang ditentukan
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    9.1 menyusun perencanaan kebutuhan pengembangan profesional guru
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    10.1 menguasai teknik pengumpulan data pada evaluasi dan supervisi pendidikan
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    11.1 mengumpulkan dan menganalisis instrumen supervisi pendidikan yang telah digunakan
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    15.1 melakukan refleksi perkuliahan
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    16.1 berpendapat, bertanya, dan memberikan respon positif sebagai perwujudan partisipasi aktif dalam perkuliahan
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

NUNUK HARIYATI
NUNUK HARIYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AYU WULANDARI
AYU WULANDARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Manajemen Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10