•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Analisis Sistem Pengelolaan Pendidikan

Program Studi S3 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian mengenai; (1) Pengembangan teori administrasi; (2) Struktur organisasi; (3) Budaya organisasi; (4) Motivasi; (5) Kepemimpinan; (6) Pengambilan keputusan; (7) Komunikasi ; (8) Perubahan organisasi; (9) Pemerintah dan pendidikan; (10) Keunggulan, kesetaraan dan pendidikan; (11) Keuangan dan produktivitas sekolah; (12) Pertimbangan hukum dan pendidikan; (13) Pengembangan dan implementasi kurikulum; (14) Analisis dan peningkatan pembelajaran; (15 Administrasi/manajemen sumber daya manusia. Kajian-kajian tersebut diharapkan dapat diimplementasikan kaitannya dengan system pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi dalam system pengelolaan pendidikan yang efektif dan efesien. Mahasiswa diharapkan memahami secara konseptual mengenai analisis system pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi termasuk hasil-hasil penelitian dan novelty (aspek kebaruan) baik secara substantif dan metodologis yang dapat dipelajari dan dijadikan model atau bahan perbandingan untuk menunjang penulisan disertasi. Hasil akhir dari perkuliahan ini adalah terwujudnya laporan tugas akhir. Adapun sistematika penulisan tugas akhir meliputi: (A) isi rangkuman berdasarkan kajian yang ditelaah (lihat kemampuan akhir tiap tahapan belajar/materi pelajaran); (B) kelebihan konsep/teori yang ditelaah; (C) penerapan praktis terkait teori yang ditelaah kaitannya dengan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi; (D) hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan/dikembangkan untuk pengelolaan sekolah ke depan/selanjutnya; (E) bagaimana hasilnya menurut pendapat penulis; (F) tawaran baru penulis berdasarkan hasil studi literature dan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan; (G) recommended model yang ditawarkan berupa diagram konteks. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, dilaksanakan dengan system ceramah secara online maupun offline (sinkronus dan asinkronus) melalui platform pembelajaran, baik melalui zoom meetings, google meet, WA Group, presentasi, diskusi, penugasan dan refleksi (hal-hal apa saja yang sudah dipahami dan hal-hal apa saja yang belum dipahami) serta penguatan mata kuliah.

CPMK

  • Mampu menginternalisasikan karakter”cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan tangguh sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Memiliki landasan pengetahuan konseptual yang kuat tentang sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan Menengah, Dikti dan Vokasi melalui kajian literatur maupun studi empirik untuk menghasilkan karya kreatif, original dan teruji
  • Mampu menghasilkan pengetahuan konseptual teori dan perkembangan sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah, Dikti dan Vokasi melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin
  • Mampu memecahkan permasalahan dalam sistem pengelolaan PAUD, pendidikan dasar dan menengah Dikti dan Vokasi dalam mengembangkan satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi lain pada berbagai level dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: development of administrative theory
    • Date  8 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational structure
    • Date  15 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational culture
    • Date  22 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: motivation
    • Date  1 Maret 2025

  • Pertemuan 5
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: leadership
    • Date  8 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: decision making
    • Date  15 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: communication
    • Date  22 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengan Semester (UTS)
    • Date  29 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: organizational change
    • Date  5 April 2025

  • Pertemuan 10
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: government and education
    • Date  12 April 2025

  • Pertemuan 11
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: excellence, equality and education
    • Date  19 April 2025

  • Pertemuan 12
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: school finance and productivity
    • Date  26 April 2025

  • Pertemuan 13
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: legal considerations and education
    • Date  3 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: curriculum development and implementation
    • Date  10 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Memahami, mengimplementasikan, menganalisis dan mengevaluasi: analyzing and improving teaching
    • Date  17 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  24 Mei 2025

Dosen

AYU WULANDARI
AYU WULANDARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SUJARWANTO
SUJARWANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Manajemen Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10