•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Konsep Dasar Pkn

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Konsep Dasar PKN membekali mahasiswa dengan pemahaman fundamental tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai landasan dalam membentuk warga negara yang baik. Mata kuliah ini mencakup hakikat, tujuan, dan ruang lingkup PKN, nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI. Mahasiswa juga mempelajari konsep demokrasi, hak asasi manusia, dan kewajiban warga negara, serta bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam konteks pendidikan di sekolah dasar. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menjadi guru yang tidak hanya menguasai materi, tetapi juga dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan kepada peserta didik secara efektif dan kontekstual.

CPMK

  • Menerapkan konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar (C3)
  • Menganalisis struktur dan komponen kurikulum PKn SD sesuai dengan perkembangan peserta didik (C4)
  • Mengevaluasi penerapan nilai-nilai kebangsaan dan budaya nasional dalam materi PKn SD (C5)
  • Menciptakan strategi pembelajaran PKn yang integratif dengan bidang studi lain di SD (C6)
  • Menganalisis peran teknologi dalam pembelajaran PKn untuk pendidikan inklusif di SD (C4)
  • Mengevaluasi materi PKn SD berdasarkan prinsip keadilan, demokrasi, dan HAM (C5)
  • Menerapkan kearifan lokal dalam pengembangan materi dan metode pembelajaran PKn SD (C3)
  • Menciptakan model evaluasi pembelajaran PKn yang autentik dan berorientasi pada karakter peserta didik (C6)
  • Menganalisis isu-isu aktual nasional dan implikasinya terhadap pembelajaran PKn di SD (C4)
  • Mengevaluasi integrasi nilai-nilai agama dan etika dalam pembelajaran PKn SD (C5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep PPKN SD
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis konsep dasar PKn SD
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis komponen kurikulum sesuai perkembangan peserta didik
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 4
    Efektivitas, relevansi, dan dampak penerapan nilai-nilai kebangsaan serta budaya nasional dalam konteks pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 5
    Merancang strategi pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan minimal dua bidang studi lain di SD, dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kurikulum, dan nilai-nilai kebangsaan untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 6
    Strategi pembelajaran PKn yang integratif dengan bidang studi lain di SD, menunjukkan kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi dalam merancang pembelajaran yang bermakna.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis berbagai bentuk teknologi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn untuk menciptakan lingkungan pendidikan inklusif di SD, serta mengevaluasi efektivitasnya dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam.
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis strategi pemanfaatan teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran PKn yang inklusif, adaptif, dan efektif di SD.
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap materi PKn SD berdasarkan prinsip keadilan, demokrasi, dan HAM, serta mengaitkannya dengan pencapaian CPL program studi.
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam pengembangan materi dan metode pembelajaran PKn SD yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan budaya setempat.
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan unsur-unsur kearifan lokal dalam pengembangan materi ajar dan strategi pembelajaran PKn SD yang kontekstual dan bermakna.
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan model evaluasi pembelajaran PKn yang mengintegrasikan aspek autentik dan penilaian karakter secara komprehensif.
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat menganalisis isu-isu aktual nasional, mengevaluasi dampaknya terhadap pembelajaran PKn di SD, dan merancang strategi pembelajaran yang relevan dengan konteks kekinian.
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengevaluasi penerapan nilai-nilai agama dan etika dalam konteks pembelajaran PKn SD, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merumuskan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip pedagogis dan etis.
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Integrasi nilai-nilai agama dan etika dalam pembelajaran PKn SD dengan menggunakan kriteria yang tepat dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan analisis.
    • Date  16 Desember 2025

Pustaka

Dosen

MARETHA DELLAROSA
MARETHA DELLAROSA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ULFI AMINATUZ ZAHROH
ULFI AMINATUZ ZAHROH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10