•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik, dan metode dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar dan sumber daya bagi individu, lembaga, dan komunitas, serta pemanfaatannya dalam merencanakan program pendidikan non-formal di komunitas. Kuliah disampaikan melalui penjelasan, diskusi, tugas, dan praktik lapangan. Indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar komunitas sesuai dengan potensi komunitas, kemudian mahasiswa mampu mengembangkan program pendidikan non-formal yang sesuai. Identifikasi kebutuhan belajar komunitas adalah proses untuk mengungkap dan memahami apa yang dibutuhkan oleh komunitas dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau informasi agar mereka dapat berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya mereka. Langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar komunitas meliputi Pengamatan Langsung, Survei dan Wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus, Analisis Data Sosial dan Ekonomi, Melibatkan Pemangku Kepentingan Lokal, Analisis Kesenjangan Keterampilan, Partisipasi Komunitas, dan Identifikasi Akses dan Hambatan. Mahasiswa dilatih untuk melaksanakan tahap-tahap ini agar lebih mudah bagi mereka untuk mengembangkan program komunitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode penilaian pembelajaran dilakukan secara partisipatif serta melalui ujian.

CPMK

  • Menguasai teori dan konsep mengenai identifikasi Kebutuhan Belajar dan Sumber Daya dalam program Pendidikan Non-formal secara menyeluruh dan kontekstual sebagai implementasi prinsip-prinsip pembelajaran seumur hidup yang inovatif, kreatif, dan berkualitas
  • Analisis teori dan kembangkan pengetahuan tentang Pendidikan Non-formal berdasarkan hasil analisis informasi dan data (C4).
  • Evaluasi pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan non-formal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta memiliki integritas dan karakter (C5).
  • Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dapat memahami beberapa pandangan teoretis tentang kebutuhan belajar
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep keinginan dan konsep kebutuhan.
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Beberapa pandangan dan aspek dasar identifikasi kebutuhan pembelajaran PNF.
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 4
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Sumber daya belajar dan sasaran program belajar di masyarakat.
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Kebutuhan, prioritas, dan tujuan belajar, menjelaskan makna analisis kebutuhan belajar, serta menjelaskan pentingnya menganalisis kebutuhan dan sumber daya belajar PNF.
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Sumber daya pembelajaran dan sasaran program pembelajaran di masyarakat
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Melaksanakan langkah-langkah mengidentifikasi dan menyiapkan instrumen dasar
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Teknik pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan PRA/ZOOP
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Apply PNF learning needs measurement method with FGD approach
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Instrumen identifikasi kebutuhan
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Prosedur dasar untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran di masyarakat
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Alat identifikasi pada target program pembelajaran potensial.
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan tentang hasil identifikasi kebutuhan pembelajaran secara sistematis dan sesuai dengan data dan fakta di lapangan
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Final exams
    • Date  17 Desember 2025

Pustaka

Dosen

WIDYA NUSANTARA
WIDYA NUSANTARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MUSTAKIM
MUSTAKIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10