•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa memahami berbagai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta implementasinya di penelitian pendidikan dasar. Perkuliahan dirancang berbasis proyek dan studi kasus dengan menggunakan berbagai teknologi statistik, aplikasi-aplikasi analisis literature, kualitatif dan reference manager. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan satu draft proposal tesis dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif sesuai dengan topik riset yang dipilih.

CPMK

  • Menganalisis hakikat dan pendekatan penelitian pendidikan dasar
  • Merumuskan masalah, tujuan, manfaat, dan asumsi dalam penelitian pendidikan dasar
  • Menganalisis teori yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian pendidikan dasar
  • Menerapkan rancangan dan prosedur penelitian yang relevan dengan permasalahan dalam penelitian pendidikan dasar
  • Menentukan teknik pengambilan data dan instrumen penelitian
  • Melakukan analisis data dan interpretasi hasil penelitian pendidikan dasar

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
    • Date  30 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
  • Pertemuan 3
    Paradigma kuantitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan statistik dan software pengolahan data kuantitatif terkini
  • Pertemuan 4
    Menganalisis metode penelitian dalam paradigma mixed methods yang muncul dalam ragam penelitian tindakan kelas dan lesson study
  • Pertemuan 5
    Menganalisis metode penelitian dalam paradigma mixed methods yang muncul dalam ragam penelitian
  • Pertemuan 6
    Ragam prosedur penelitian pengembangan berbagai tipe seperti ADDIE, ASSURE, 4D, R&D, dsb dalam artikel pada jurnal bereputasi pada topik penelitian berbasis etnopedagogi dan literasi global.
  • Pertemuan 7
    Paradigma kualitatif dalam penelitian Pendidikan dasar dengan pendekatan etnografi, naratif, case study, dan design research
  • Pertemuan 8
    UTS
  • Pertemuan 9
    Menyusun dan mempresentasikan rumusan masalah dan tujuan penelitian pada penelitian Pendidikan dasar
    • Date  25 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menyusun dan mempresentasikan rumusan masalah dan tujuan penelitian pada penelitian Pendidikan dasar
    • Date  1 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menyusun dan mempresentasikan kajian Pustaka yang relevan dengan variabel dan topik riset sesuai kerangka berpikir dan hasil riset sebelumnya yang relevan
  • Pertemuan 12
    Menyusun dan mempresentasikan kajian Pustaka yang relevan dengan variabel dan topik riset sesuai kerangka berpikir dan hasil riset sebelumnya yang relevan
  • Pertemuan 13
    Menyusun dan mempresentasikan metode dan prosedur penelitian yang diperlukan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan pada awal proposal penelitian
  • Pertemuan 14
    Menyusun dan mempresentasikan metode dan prosedur penelitian yang diperlukan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan pada awal proposal penelitian
  • Pertemuan 15
    Menyusun instrument penelitian untuk mengambil data yang dibutuhkan untuk menjawab rumusan masalah penelitian
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

HENDRATNO
HENDRATNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NURUL ISTIQ'FAROH
NURUL ISTIQ'FAROH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10