•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course KAJIAN PRAKSIS BAHASA INDONESIA*

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji hakikat Bahasa dari sisi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dan implementasi objek studinya sebagai substansi pembelajaran Bahasa Indonesia SD disertai pengembangan dan riset terkait pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD untuk penyelesaian masalah maupun inovasi pembelajaran berdasarkan konteks dan kebutuhan belajar di SD.

CPMK

  • CPMK 1 Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, dan aksiologi) dalam Bahasa sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • CPMK 2 Mengkaji substansi kajian Bahasa Indonesia sebagai sebuah bidang studi (subjek) dari struktur bahasa dan keterampilan berbahasa Indonesia serta perkembangan implementasinya.
  • CPMK 3 Menganalisis berbagai paradigma pada pendekatan pendidikan Bahasa Indonesia sebagai dasar metodologi dan inovasi Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD
  • CPMK 4 Mengelola dan mendesain penelitian untuk menyelesaikan problema Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD berdasarkan pada paradigma Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia dan kebutuhan literasi siswa SD

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Filsafat Bahasa dan pengaruhnya dalam kajian hakikat Bahasa
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis Struktur Bahasa Indonesia dan perkembangannya pada era digital
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Hubungan Bahasa dan pikiran serta karakter
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Pengaruh penguasaan struktur Bahasa terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Pendekatan dan Paradigma Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis Pendekatan Pendidikan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum SD
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Pendekatan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Metodologi Pendidikan dan Pembelajaran di SD
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis Desain pembelajaran Bahasa Indonesia inovatif di SD
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis Desain pembelajaran Bahasa Indonesia inovatif di SD
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis Perkembangan dan Karakteristik Bahasa Indonesia dan literasi Siswa SD dan Implikasinya dalam desain pembelajaran Bahasa Indonesia SD
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Menganalisis Perkembangan dan Karakteristik Bahasa Indonesia dan literasi Siswa SD dan Implikasinya dalam desain pembelajaran Bahasa Indonesia SD
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Desain riset pemecahan problematika Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD dengan berorientasi pada content teoretik dan filsafat Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia dan pengembangan literasi siswa SD
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Desain riset pemecahan problematika Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD dengan berorientasi pada content teoretik dan filsafat Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia dan pengembangan literasi siswa SD
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Desain riset pemecahan problematika Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD dengan berorientasi pada content teoretik dan filsafat Pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia dan pengembangan literasi siswa SD
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

HENDRATNO
HENDRATNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAHYU SUKARTININGSIH
WAHYU SUKARTININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10