•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP SEHARI-HARI

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran, asesmen kecakapan hidup, instrumen asesmen, program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari dan mengatasi masalah berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK, srategi, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, analisis tugas (task analysis, modeling, scaffolding dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, pemecahan masalah kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau produk atau karya lain yang berkaitan dengan pemecahan masalah kecakapan hidup ABK dan PDBK, pembuatan produk berupa program dan praktek program berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK, rancangan wirausaha dan laporan praktek program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di masyarakat, sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan PDBK. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran project based learning

CPMK

  • Menguasai konsep dasar dan teori yang berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, berkarakter tangguh, kreatif untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari anak berkebutuhan khusus
  • Menguasai dasar-dasar perancangan dan pengelolaan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus meliputi asesmen kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang urgen untuk dikembangkan atau permasalahan kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang perlu diselesaikan, mampu memilih strategi, model pembelajaran, teknik pembelajaran, metode, evaluasi berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus secara komprehensif
  • Terampil memberikan layanan akademik dan merancang, melaksanakan, mengevaluasi program kebutuhan khusus berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK berdasar analisis informasi maupun hasil asesmen untuk menyelesaikan permasalahan life skill ABK dan PDBK juga mengoptimalkan potensi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  • Mampu memilih dan memanfaatkan media (digital dan non digital), teknologi asistif, teknologi informasi yang adaptif, relevan, kontekstual untuk untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan kecakapan hidup sehari-hari dan mengkomunikasikan serta memanfaatkan hal tersebut dalam layanan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Dan menyusun jadwal pembuatan proyek berkaitan asesmen dan program kecakapan hidup sehari-hari anak berkebutuhan khusus
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Mendesain instrumen asesmen kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Membuat, mendesain, mengembangkan program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program general life skill (personal skill, social skill) maupun spesific life skill (academic skill, vocational skill) bagi ABK dan PDBK
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Srategi pengembangan life skill dan strategi berbasis online leraning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK dan mengkomunikasikan analisis tugas (task analysis), modeling, online learning dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK melalui project based learning
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Tugas yang berkaitan dengan UTS
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menyusun jadwal pembuatan proyek dan melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal tentang rancangan strategi berbasis online learning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif untuk pengembangan life skill ABK dan PDBK
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal tentang pemecahan masalah melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lain yang berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal berupa rancangan wirausaha berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Melakukan praktik berkaitan proyek dan program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Memaparkan laporan produk/hasil proyek dan menyimpulkan hal tersebut
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mengkomunikasikan, mendiskusikan kelayakan proyek berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK yang telah dibuat
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Memaparkan laporan praktik program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIWIK WIDAJATI
WIWIK WIDAJATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10