Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran, asesmen kecakapan hidup, instrumen asesmen, program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari dan mengatasi masalah berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK, srategi, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, analisis tugas (task analysis, modeling, scaffolding dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, pemecahan masalah kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau produk atau karya lain yang berkaitan dengan pemecahan masalah kecakapan hidup ABK dan PDBK, pembuatan produk berupa program dan praktek program berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK, rancangan wirausaha dan laporan praktek program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di masyarakat, sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan PDBK. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran project based learning
CPMK
- Menguasai konsep dasar dan teori yang berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, berkarakter tangguh, kreatif untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari anak berkebutuhan khusus
- Menguasai dasar-dasar perancangan dan pengelolaan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus meliputi asesmen kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang urgen untuk dikembangkan atau permasalahan kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang perlu diselesaikan, mampu memilih strategi, model pembelajaran, teknik pembelajaran, metode, evaluasi berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus secara komprehensif
- Terampil memberikan layanan akademik dan merancang, melaksanakan, mengevaluasi program kebutuhan khusus berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK berdasar analisis informasi maupun hasil asesmen untuk menyelesaikan permasalahan life skill ABK dan PDBK juga mengoptimalkan potensi anak berkebutuhan khusus (ABK)
- Mampu memilih dan memanfaatkan media (digital dan non digital), teknologi asistif, teknologi informasi yang adaptif, relevan, kontekstual untuk untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan kecakapan hidup sehari-hari dan mengkomunikasikan serta memanfaatkan hal tersebut dalam layanan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus