Matakuliah ini mengkaji konsep dan penerapan prinsip sistem pembelajaran cyber untuk memecahan masalah belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar dan media komunikasi pembelajaran. Kajian melalui analisis kritis berbagai teori Pembelajaran cyber serta teori teori pendukungnya.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis isi/peta konsep ruang lingkup pembahasan pembelajaran Cyber dalam pendidikan
Date 29 Agustus 2023
Pertemuan 2
Memiliki wawasan global perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam untuk pendidikan dan pembelajaran
Date 5 September 2023
Pertemuan 3
Menganalisis konsep pembelajaran cyber
Date 12 September 2023
Pertemuan 4
Berbagai landasan teori yang mendasari pembelajaran cyber
Date 19 September 2023
Pertemuan 5
Berbagai pendekatan dalam pembelajaran cyber
Date 26 September 2023
Pertemuan 6
Mensintesa arah kualitatif pembelajaran cyber
Date 3 Oktober 2023
Pertemuan 7
Berbagai upaya memfasilitasi pembelajaran cyber
Date 10 Oktober 2023
Pertemuan 8
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cyber.
Date 17 Oktober 2023
Pertemuan 9
Menganalisis model kelembagaan untuk pembelajaran cyber
Date 24 Oktober 2023
Pertemuan 10
Menganalisis isu kebijakan pembelajaran cyber
Date 31 Oktober 2023
Pertemuan 11
Mensintesa konteks global pembelajaran cyber
Date 7 November 2023
Pertemuan 12
Kendala implementasi pembelajaran cyber
Date 14 November 2023
Pertemuan 13
Kerangka berfikir pembelajaran cyber
Date 21 November 2023
Pertemuan 14
Menganalisis kajian teori motivasi untuk pembelajaran cyber
Mata kuliah ini mengkaji konsep, prinsip, dan isu-isu dalam pendidikan nasional dan global, termasuk kebijakan pendidikan, standar kompetensi global, perbandingan sistem pendidikan, dan inovasi pendidikan
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang ditujukan untuk menjadikan para mahasiswa sebagai warga negara yang “cerdas dan baik” (smart and good citizen). Belajar Kewarganegaraan
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar dalam perencanaan, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan