Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Animasi 2 Dimensi Dan 3 Dimensi merupakan bagian dari kurikulum Program Studi Teknologi Pendidikan jenjang S1 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar dalam pembuatan animasi baik berbasis 2D maupun 3D. Mata kuliah ini mencakup konsep dasar animasi, prinsip-prinsip animasi, penggunaan software animasi 2D dan 3D, serta penerapannya dalam konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari teknik pembuatan storyboard, modeling, rigging, texturing, hingga rendering. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pengembangan media pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan animasi edukatif yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
CPMK
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah,kritis,dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran animasi 2 dan 3 dimensi
- Mampu menerapkan keilmuan teknologi pendidikan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Analis Pendidikan dalam mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi
- Mampu memecahkan masalah berdasarkan metode studi kasus dalam bidang teknologi pendidikan untuk mengembangkan media animasi 2 dan 3 dimensi
- Mampu menghasilkan outcome berupa peningkatan kinerja dan komitmen yang tinggi sebagai pengembang teknologi pendidikan dan guru animasi 2 dan 3 dimensi