•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Psikologi Pendidikan

Program Studi S1 Psikologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa juga akan mempelajari peran diversitas sosiokultural dalam dunia pendidikan, serta bagaimana pendekatan behavioral, kognitif sosial, dan pemrosesan informasi dapat digunakan untuk memahami perilaku belajar. Pembelajaran dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan nyata di lingkungan pendidikan melalui pengkajian kasus. Melalui studi berbagai situasi dan skenario pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat mengintegrasikan teori dengan praktik, sehingga mampu merumuskan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai konteks peserta didik yang beragam.

CPMK

  • Menguasai konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teori belajar, dan aspek kepribadian yang memengaruhi proses belajar, serta aspek manajemen kelas non-formal yang memengaruhi proses belajar, dan manajemen kelas non-formal (C2).
  • Mampu menganalisis konsep dan teori dalam bidang psikologi pendidikan yang relevan untuk menyelesaikan kasus-kasus kesulitan belajar dalam konteks pendidikan non-formal (A3).
  • Bertanggung jawab atas kinerja belajar individu dan kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam melaksanakan tugas dan peran yang diberikan baik secara individu maupun dalam kelompok selama proses belajar (A5).
  • Siap dalam memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung implementasi pembelajaran (P2).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pendidikan dan peran psikologi pendidikan dalam bidang pendidikan
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Perkembangan siswa dan hukum-hukum perkembangan.
    • Date  14 Februari 2024

    sumber belajar (ppt)
  • Pertemuan 3
    Teori perkembangan kognitif (Jean Piaget) dan perkembangan bahasa (Vygotsky), serta penerapan teori-teori tersebut dalam proses pembelajaran.
    • Date  21 Februari 2024

    ringkasan materi
    deskripsi tugas
  • Pertemuan 4
    Teori Belajar dan Perkembangan sosial berdasarkan teori Behavioristik, Kognitif, Humanistik dan Sosial serta penerapan keduanya.
    • Date  28 Februari 2024

    materi ajar (ppt)
  • Pertemuan 5
    Motivasi dalam Belajar
    • Date  6 Maret 2024

    materi ppt
  • Pertemuan 6
    Teori belajar kognitif dalam proses belajar
    • Date  13 Maret 2024

    materi ppt
  • Pertemuan 7
    Teori pembelajaran humanistik dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran.
    • Date  20 Maret 2024

    materi ppt
  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep dasar kecerdasan dan perannya dalam proses pembelajaran.
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep emosi siswa dan konsep diri mereka serta pengaruhnya terhadap proses belajar.
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep motivasi dan perannya dalam proses belajar
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep kecerdasan luar biasa, anak-anak berbakat, dan pendidikan mereka
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar akademik.
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar yang disebabkan oleh gangguan perkembangan.
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Lingkungan positif yang mendukung proses belajar
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Lingkungan positif yang mendukung proses belajar
    • Date  22 Mei 2024

Pustaka

Dosen

SITI INA SAVIRA
SITI INA SAVIRA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Psikologi
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10