•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course TEORI PENDIDIKAN KRITIS

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Teori Pendidikan Kritis membimbing mahasiswa untuk memahami dan menguasai keterampilan dalam menganalisis dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui studi pendidikan dalam konteks realitas sosial. Untuk memastikan pemahaman ini, diperlukan penyediaan materi dalam bentuk: konsep filsafat dan ideologi pendidikan, politik pendidikan yang dijalankan oleh negara, konsep pendidikan kritis, konsep pendidikan tentang masalah dan pendidikan kritis, metodologi pendidikan, manajemen pelatihan, pengolahan media pelatihan, visualisasi pendidikan, serta perbandingan pendidikan kritis dengan konsep-konsep pendidikan lainnya. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep-konsep sosial, fakta-fakta sosial, teori-teori sosial dan perkembangannya, teori kritis dan pendirinya, pendidikan kritis, serta teori-teori turunan yang berkembang pada era modern, serta keterampilan untuk menganalisis dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui studi pendidikan dalam konteks realitas sosial, melalui penjelasan, diskusi, dan presentasi. Indikator keberhasilan dalam mata kuliah ini adalah jika mahasiswa mampu menerapkan teori ke dalam praktik Pendidikan Non Formal.

CPMK

  • Memahami konsep pendidikan kritis (C2)
  • Menerapkan konsep-konsep sosial dan fakta-fakta sosial (C3)
  • Menganalisis konsep teori sosial dan perkembangannya (C4)
  • Evaluasi konsep teori kritis dan para pendirinya (C5)
  • Mahasiswa mampu menerapkan konsep kesadaran kritis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan nonformal berbasis pemberdayaan masyarakat.
  • Mahasiswa dapat mengembangkan metode pembelajaran dialogis dan reflektif sebagai alternatif bagi pendidikan partisipatif di lingkungan non-formal.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk ketidaksetaraan sosial yang terwujud dalam sistem pendidikan dan merancang solusi berdasarkan pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu merancang bahan ajar dan media pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kesadaran kritis dan transformasi sosial.
  • Mahasiswa mampu menyampaikan ide-ide kritis secara sistematis dan argumentatif, baik secara lisan maupun tertulis, sesuai dengan norma dan etika akademik.
  • Mahasiswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan studi kasus dan proyek berbasis komunitas yang berkaitan dengan implementasi pendidikan kritis dalam pendidikan non-formal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Para siswa memahami konsep dasar pendidikan kritis dan perannya dalam pendidikan di luar sekolah.
    • Date  9 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Perkembangan pendidikan kritis dan tokoh-tokohnya.
    • Date  16 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Membandingkan pemikiran para tokoh pendidikan kritis.
    • Date  23 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep hegemoni dalam pendidikan dan mampu mengkritiknya.
    • Date  1 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Merancang model pendidikan kritis berdasarkan pemberdayaan.
    • Date  8 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Teori dan prinsip pembelajaran dialogis dalam pendidikan kritis.
    • Date  15 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang dan menerapkan metode pembelajaran dialogis dalam praktik pendidikan non-formal.
    • Date  22 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Pemahaman mereka tentang konsep-konsep kunci dalam pendidikan kritis.
    • Date  29 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan dalam pendidikan.
    • Date  5 April 2024

  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  12 April 2024

  • Pertemuan 11
    Bahan ajar berbasis pendidikan kritis.
    • Date  19 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun tulisan akademik berdasarkan pendidikan kritis.
    • Date  26 April 2024

  • Pertemuan 13
    Berkolaborasi dalam proyek pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  3 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Prinsip pendidikan kritis dalam pemberdayaan masyarakat.
    • Date  10 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Merefleksikan pengalaman belajar mereka sepanjang perkuliahan dan mengaitkannya dengan praktik profesional.
    • Date  17 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman mereka tentang teori pendidikan kritis dan penerapannya dalam pendidikan di luar sekolah.
    • Date  24 Mei 2024

Pustaka

Dosen

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SHOBRI FIRMAN SUSANTO
SHOBRI FIRMAN SUSANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10