•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Psikologi Pendidikan

Program Studi S1 Psikologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan kontribusi psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, aspek-aspek kepribadian yang berpengaruh terhadap belajar, kesulitan belajar, bimbingan konseling di sekolah, dan pengelolaan kelas untuk pembelajaran yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri, dan diskusi kelompok.

CPMK

  • Mastering the basic concepts of educational psychology, learner development, learning theory, and aspects of personality that affect learning, and non-formal classroom management aspects of personality that affect learning, and non-formal classroom management (C2).
  • Able to assess the concepts and theories within the scope of educational psychology that are relevant to solving cases of learning or learning difficulties in the scope of non-formal education (A3).
  • Responsible for individual and group learning performance, by showing active involvement in carrying out the tasks and roles assigned both individually and in groups during the learning process (A5).
  • Ready in Utilizing learning resources and ICT-assisted learning media to support learning implementation (P2).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pendidikan dan peran psikologi pendidikan dalam bidang pendidikan
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Perkembangan peserta didik dan hukum-hukum perkembangan.
    • Date  15 Februari 2024

    sumber belajar (ppt)
  • Pertemuan 3
    Teori perkembangan kognitif (Jean Piaget) dan perkembangan bahasa (Vygotsky), serta penerapannya dalam pembelajaran
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Teori perkembangan sosial emosi Erikson dan tahap perkembangan moral Kohlberg dan penerapannya
    • Date  29 Februari 2024

    TUGAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN (SEMUA KELAS)
    materi ajar (ppt)
  • Pertemuan 5
    Teori belajar Perilaku (behaviorisme) dan teori elajar sosial Bandura dan contoh penerapannya
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Teori belajar kognitif dan konstruktivistik dan penerapannya dalam pembelajarannya
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Teori belajar humanistik dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep dasar inteligensi dan perannya dalam proses belajar mengajar
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep emosi dan konsep diri siswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep tentang motivasi dan perannya dalam pembelajaran
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep keberbakatan, anak berbakat dan pendidikannya
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar akademis
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Dan mampu mengidentifikasi kesulitan belajar karena gangguan perkembangan
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Lingkungan positif yang mendukung pembelajaran
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Lingkungan positif yang mendukung pembelajaran
    • Date  23 Mei 2024

Dosen

MIMBAR OKTAVIANA
MIMBAR OKTAVIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DAMAJANTI KUSUMA DEWI
DAMAJANTI KUSUMA DEWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Psikologi
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10