Deskripsi Mata Kuliah
Kuliah ini secara umum bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dalam teori pembelajaran, serta mengelola proses pembelajaran dalam proses teaching-learning secara optimal. Hal ini dimulai dengan pembahasan mengenai sifat dan pemahaman pembelajaran dalam proses teaching-learning, dilanjutkan dengan pembahasan teori pembelajaran yang memprioritaskan teori pembelajaran behavioristik dan konstruktivis, serta pembahasan prinsip-prinsip pembelajaran dan implikasinya dalam pembelajaran PNF. Pembelajaran dilakukan melalui ceramah di kelas, mendiskusikan hasil pembacaan literatur, mempresentasikan hasil diskusi, dan memberikan tugas. Indikator keberhasilan pembelajaran ini adalah mahasiswa mampu memahami teori-teori pembelajaran yang terintegrasi dalam proses pembelajaran pendidikan non-formal dan mampu mengidentifikasi teori-teori pembelajaran yang sesuai untuk program pendidikan non-formal.
CPMK
- Menganalisis makna dan ruang lingkup teori pembelajaran (C4)
- Menganalisis perkembangan teori pembelajaran sepanjang waktu (C4)
- Evaluasi teori Behaviorisme, Humanisme, dan Konstruktivisme, serta teori kognitif (C5).