•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan praktik dalam merancang serta mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji hakikat kurikulum PAUD yang berpijak pada landasan filosofis, psikologis, sosiologis, dan yuridis, sebagai dasar dalam menyusun kurikulum yang berorientasi pada perkembangan holistik anak. Pemahaman ini menjadi landasan utama dalam membentuk kurikulum yang tidak hanya berpusat pada materi, tetapi juga pada pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari kerangka pengembangan kurikulum yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan isi dan materi, perencanaan strategi pembelajaran, serta pengembangan sistem penilaian yang sesuai dengan prinsip tumbuh kembang anak. Dalam proses pembelajaran, digunakan strategi yang beragam seperti ceramah interaktif untuk pemahaman teori, diskusi kelompok untuk membangun pemikiran kritis, pembelajaran berbasis proyek untuk mendorong penerapan praktis, serta simulasi untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyusun dan menyajikan dokumen kurikulum yang kontekstual. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut memahami teori, tetapi juga mampu mengimplementasikannya dalam konteks nyata di satuan PAUD.

CPMK

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • 4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implmentasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • 5. Menguasai konsep dasar dan kurikulum PAUD.
  • Menyusun Kurikulum Operational Satuan Pendidikan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Sebaran kajian pengembangan kurikulum PAUD
    • Date  9 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Pengertian, hakekat, fungsi dan peranan kurikulum PAUD
    • Date  16 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Macam-macam model pengembangan kurikulum PAUD
    • Date  23 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD
    • Date  1 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis model-model pengembangan kurikulum PAUD
    • Date  8 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Melakukan presentasi hasil proyek
    • Date  15 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Melakukan presentasi hasil proyek
    • Date  22 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  29 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep kurikulum merdeka
    • Date  5 April 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep kurikulum merdeka
    • Date  12 April 2024

  • Pertemuan 11
    Implementasi kurikulum di lembaga PAUD.
    • Date  19 April 2024

  • Pertemuan 12
    Implementasi kurikulum di lembaga PAUD.
    • Date  26 April 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat kurikulum KOSP
    • Date  3 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Membuat kurikulum KOSP
    • Date  10 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Membuat kurikulum KOSP
    • Date  17 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  24 Mei 2024

Dosen

RUQOYYAH FITRI
RUQOYYAH FITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10