Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai teori, konsep, makna, sejarah, tokoh-tokoh dan pemikiran mereka, fungsi-fungsi manajemen, serta implementasinya dalam program Pendidikan Non-Formal dan Informal melalui penjelasan, diskusi, dan presentasi. Kuliah dilaksanakan dengan presentasi materi, diskusi, dan tugas. Indikator untuk mata kuliah ini adalah kemampuan mahasiswa untuk melaksanakan tahap-tahap manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga evaluasi dalam implementasinya pada program-program pendidikan non-formal. Mata kuliah Manajemen Pendidikan Non-Formal (NFE) membahas konsep, prinsip, dan praktik manajemen yang diterapkan dalam pendidikan non-formal, seperti lembaga pendidikan, pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), dan program pelatihan keterampilan di luar pendidikan formal (sekolah dan universitas).
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, karakteristik, dan urgensi pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan sepanjang hayat
- Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan dan regulasi pendidikan nonformal di Indonesia serta implikasinya terhadap pengelolaan program
- Mahasiswa mampu merancang perencanaan program pendidikan nonformal berbasis kebutuhan masyarakat
- Mahasiswa mampu mengorganisasikan lembaga pendidikan nonformal dengan pendekatan manajemen kelembagaan yang efektif
- Mahasiswa mampu mengembangkan strategi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengelola sumber daya dan pembiayaan pendidikan nonformal secara efektif dan berkelanjutan
- Mahasiswa mampu menerapkan strategi implementasi pembelajaran dalam pendidikan nonformal berdasarkan pendekatan andragogi dan berbasis komunitas
- Mahasiswa mampu memanfaatkan inovasi teknologi dalam mendukung pengelolaan dan pembelajaran pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan sistem monitoring serta evaluasi dalam program pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengembangkan jejaring kemitraan dan strategi kolaborasi dalam pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu menerapkan model pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan nonformal
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis best practice dalam pengelolaan program pendidikan nonformal dari berbagai studi kasus
- Mahasiswa mampu menyusun strategi pengembangan program pendidikan nonformal yang inovatif dan berkelanjutan
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dan rancangan program pendidikan nonformal secara sistematis, logis, dan profesional