Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Asesmen Pembelajaran membahas konsep dasar, prinsip, dan teknik asesmen dalam konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode pengukuran dan evaluasi hasil belajar, termasuk tes formal dan informal, observasi, serta portofolio. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang perancangan, pelaksanaan, dan interpretasi hasil asesmen untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Ruang lingkup mencakup asesmen formatif dan sumatif, validitas dan reliabilitas instrumen, serta etika dalam asesmen pembelajaran. Mata kuliah ini relevan bagi mahasiswa Psikologi yang ingin memahami aplikasi asesmen dalam konteks pendidikan dan pengembangan individu.
CPMK
- Menerapkan prinsip psikodiagnostik dalam merancang instrumen asesmen pembelajaran yang valid dan reliabel (C3)
- Menganalisis kebutuhan asesmen pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik dan konteks pendidikan (C4)
- Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen pembelajaran berdasarkan standar psikometri dan kode etik psikologi (C5)
- Menciptakan instrumen asesmen pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu psikologi dan kebutuhan pendidikan (C6)
- Menerapkan teknik kolaborasi dalam pengembangan asesmen pembelajaran bersama tim multidisiplin (C3)
- Menganalisis tantangan dalam implementasi asesmen pembelajaran dan mengusulkan solusi adaptif (C4)
- Mengevaluasi efektivitas asesmen pembelajaran dalam mendukung proses belajar sepanjang hayat (C5)
- Menciptakan model asesmen pembelajaran yang inklusif untuk keberagaman peserta didik (C6)
- Menganalisis dampak etis dari penerapan berbagai teknik asesmen pembelajaran dalam setting pendidikan (C4)