•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course ASESMEN PEMBELAJARAN

Program Studi S1 Psikologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Asesmen Pembelajaran membahas konsep dasar, prinsip, dan teknik asesmen dalam konteks pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode pengukuran dan evaluasi hasil belajar, termasuk tes formal dan informal, observasi, serta portofolio. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang perancangan, pelaksanaan, dan interpretasi hasil asesmen untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Ruang lingkup mencakup asesmen formatif dan sumatif, validitas dan reliabilitas instrumen, serta etika dalam asesmen pembelajaran. Mata kuliah ini relevan bagi mahasiswa Psikologi yang ingin memahami aplikasi asesmen dalam konteks pendidikan dan pengembangan individu.

CPMK

  • Menerapkan prinsip psikodiagnostik dalam merancang instrumen asesmen pembelajaran yang valid dan reliabel (C3)
  • Menganalisis kebutuhan asesmen pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik dan konteks pendidikan (C4)
  • Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen pembelajaran berdasarkan standar psikometri dan kode etik psikologi (C5)
  • Menciptakan instrumen asesmen pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu psikologi dan kebutuhan pendidikan (C6)
  • Menerapkan teknik kolaborasi dalam pengembangan asesmen pembelajaran bersama tim multidisiplin (C3)
  • Menganalisis tantangan dalam implementasi asesmen pembelajaran dan mengusulkan solusi adaptif (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas asesmen pembelajaran dalam mendukung proses belajar sepanjang hayat (C5)
  • Menciptakan model asesmen pembelajaran yang inklusif untuk keberagaman peserta didik (C6)
  • Menganalisis dampak etis dari penerapan berbagai teknik asesmen pembelajaran dalam setting pendidikan (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membedakan konsep asesmen, pengukuran, dan evaluasi
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 2
    Etika dalam asesmen pembelajaran
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 3
    Klasifikasi asesmen berdasarkan waktu ujian (Azwar), tujuan instruksional (Cronbach), berdasarkan domain (Bloom), dan berdasarkan teknik (tulis, lisan, portfolio, dan kinerja)
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 4
    Kecenderungan kurikulum di sekolah
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Tujuan dan indikator asesmen dalam rangka pembelajaran psikomotor
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Membuat kerangka asesmen pembelajaran psikomotor
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Kualitas asesmen psikomotor setelah melakukan simulasi sederhana
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Membuat asesmen psikomotor
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah kognitif
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang asesmen pembelajaran kognitif
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Kualitas asesmen kogntifi setelah melakukan simulasi sederhana
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Membuat asesmen kognitif
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Tujuan dan indikator asesmen pembelajaran ranah afektif
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang asesmen pembelajaran afektif
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Kualitas asesmen afektif setelah melakukan simulasi sederhana
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Membuat asesmen afektif
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

TIRTA FIRDAUS NURYANANDA
TIRTA FIRDAUS NURYANANDA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MIN HAJUL ABIDIN
MIN HAJUL ABIDIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Psikologi
  • Semester5
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10