•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Perkembangan Anak Usia Dini

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar perkembangan anak usia dini (0-6 tahun), termasuk aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan moral. Pendekatan utama adalah metode studi kasus untuk menganalisis situasi nyata perkembangan anak, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan teori ke praktik. Untuk memperkaya pembelajaran, unsur etnopedagogi diintegrasikan secara konsisten, yaitu dengan memanfaatkan kearifan lokal, nilai budaya, dan tradisi Indonesia sebagai sumber belajar. Hal ini bertujuan agar analisis perkembangan anak relevan dengan konteks etnis dan budaya masyarakat Indonesia, seperti penggunaan permainan tradisional, bahasa daerah, atau nilai gotong royong dalam studi kasus.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori-teori perkembangan anak usia dini.
  • Mahasiswa mampu menganalisis kasus perkembangan anak menggunakan pendekatan multidisiplin, termasuk etnopedagogi berbasis kearifan lokal.
  • Mahasiswa mampu merancang intervensi sederhana berdasarkan analisis kasus yang mengintegrasikan nilai budaya Indonesia.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, dengan pertimbangan konteks etnis dan budaya.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dan menjelaskan teori-teori perkembangan anak usia dini
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 2
    Dan menjelaskan teori-teori perkembangan anak usia dini pada teori perkembangan Piaget dan Kognitif
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 3
    Konsep zone of proximal development ( ZPD)
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 4
    Faktor perkembangan fisik dan motorik
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Pemahaman konsep perkembangan kognitif anak usia dini
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Kemampuan menjelaskan tahap perkembangan bahasa anak usia dini dengan nilai etnopedagogi
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Pemahaman teori attachemnt berbasis budaya
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Merancang intervensi sederhana berdasarkan analisis kasus yang mengintegrasikan nilai budaya Indonesia.
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis interaksi genetik-lingkungan dengan mempertimbangkan tradisi lokal.
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis tahap moral anak dan merancang pendidikan moral berbasis etnopedagogi
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Gejala autisme dan merancang intervensi berbasis kesenian lokal.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    ADHD dan merancang intervensi berbasis permainan tradisional
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan sekolah serta studi kasus dukungan berbasis budaya dalam perkembangan anak.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Melakukan observasi perkembangan anak dan menginterpretasikan data dalam konteks budaya lokal.
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Melakukan observasi perkembangan anak dan menginterpretasikan data dalam konteks budaya lokal.
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mensintesis teori dan praktik perkembangan anak dengan pendekatan etnopedagogi.
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

BUDI RACHMAN
BUDI RACHMAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NURUL KHOTIMAH
NURUL KHOTIMAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10