Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar perkembangan anak usia dini (0-6 tahun), termasuk aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan moral. Pendekatan utama adalah metode studi kasus untuk menganalisis situasi nyata perkembangan anak, sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan teori ke praktik. Untuk memperkaya pembelajaran, unsur etnopedagogi diintegrasikan secara konsisten, yaitu dengan memanfaatkan kearifan lokal, nilai budaya, dan tradisi Indonesia sebagai sumber belajar. Hal ini bertujuan agar analisis perkembangan anak relevan dengan konteks etnis dan budaya masyarakat Indonesia, seperti penggunaan permainan tradisional, bahasa daerah, atau nilai gotong royong dalam studi kasus.
CPMK
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori-teori perkembangan anak usia dini.
- Mahasiswa mampu menganalisis kasus perkembangan anak menggunakan pendekatan multidisiplin, termasuk etnopedagogi berbasis kearifan lokal.
- Mahasiswa mampu merancang intervensi sederhana berdasarkan analisis kasus yang mengintegrasikan nilai budaya Indonesia.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, dengan pertimbangan konteks etnis dan budaya.